Diskusi Pertemuan 4

Konsep Manajemen Pelayanan Publik dan Aspek Pelayanan

Konsep Manajemen Pelayanan Publik dan Aspek Pelayanan

by JOHRA KAMILA ASYA -
Number of replies: 0

Manajemen Pelayanan Publik adalah pendekatan dan praktik untuk mengelola layanan yang disediakan oleh pemerintah dan lembaga publik kepada masyarakat. Ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program-program serta kebijakan-kebijakan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Manajemen Pelayanan Publik bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas layanan publik, sambil memastikan transparansi, partisipasi masyarakat, dan akuntabilitas dalam proses pengambilan keputusan dan penyediaan layanan. Dengan fokus pada pencapaian hasil yang positif bagi masyarakat, Manajemen Pelayanan Publik menjadi elemen kunci dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan berkelanjutan.

Tujuan utama pelayanan publik adalah memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan administrasi, barang dan jasa. Adanya standar pelayanan publik memberikan keterbukaan akses informasi kepada masyarakat sehingga dalam sebuah pelayanan baik persyaratan, prosedur, biaya dan jangka waktu dapat diukur dan diketahui masyarakat tanpa mengalami kebingungan serta menuntut pengawasan masyarakat dalam penyelenggaraannya.

Perbedaan Manajemen Pelayanan Publik dengan Manajemen Layanan di sektor swasta: 

Sektor Publik

1. mendasarkan pada tuntutan masyarakat yang sifatnya kolektif (massa).
2. Adanya kebutuhan sumber daya seperti air bersih, listrik, keamanan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya
3. bersifat terbuka untuk masyarakat terutama yang terkait dengan manajemen pelayanan.
4. menciptakan keadilan kebutuhan (equity of need).
5. bertujuan untuk menciptakan keadilan dan kesejahteraan sosial.
6. publik kekuasaan tertinggi adalah masyarakat.
7. instrumen pemerintahan adalah tindakan kolektif.
 

Sektor Swasta

1. lebih mendasarkan pada pilihan individu (individual choice) dalam pasar.
2. karakteristik sektor swasta adalah dipengaruhi hukum permintaan dan penawaran (supply and demand)
3. Bersifat tertutup terhadap akses publik
4. berorientasi pada keadilan pasar (equity of market).
5. tujuan manajemen pelayanan sektor swasta adalah untuk mencari kepuasan pelanggan (selera pasar).
6. memiliki konsepsi bahwa pelanggan adalah raja.
7. persaingan dalam sektor swasta merupakan instrumen pasar.
 
Aspek Pelayanan Publik yang Penting
1. Kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat
2. Aksesibilitas dan kesetaraan dalam pelayanan publik
3. Partisipasi masyarakat dalam proses pelayanan publik