Diskusi Pertemuan 4

Konsep Manajemen Pelayanan Publik

Konsep Manajemen Pelayanan Publik

by MAHANASHWAA AHYA KINARA -
Number of replies: 0

Manajemen pelayanan publik merupakan upaya pengelolaan sejumlah aspek dalam manajemen dalam upayan merancang, mempersiapkan atau mempersembahkan barang dan jasa kepada masyarakat serta dilakukan evaluasi dan penilaian atas kegiatan-kegiatan tersebut. Menurut 

ØGeorge R. Terry, ''Manajemen adalah proses yang berbeda yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, tindakan dan pengendalian; memanfaatkan di masing-masing baik ilmu pengetahuan dan seni, dan diikuti untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
 

Tujuan utama pelayanan publik adalah memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan administrasi, barang dan jasa. Prinsip-prinsip pelayanan publik :

1. Kejelasan Kejelasan tentang  Persyaratan teknis dan administratif.

2. Keamanan, Produk pelayanan dapat memberikan rasa aman dan kepastian hukum.

3. Kepastian waktu Kejelasan tentang jangka waktu dalam penyelesaian pelayanan publik.

4. Tanggung jawab Pimpinan atau pejabat pelaksanaan pelayanan dan penyelesaian masalah-masalah yang timbul dalam pelaksanaan pelayan.

5. Kepastian waktu Kejelasan tentang jangka waktu dalam penyelesaian pelayanan publik.

6. Tersedianya sarana prasarana pelayanan yang memadai.

7. Kemudahan akses Tempat dan lokasi serta sarana pelayanan mudah dijangkau oleh masyarakat

8. Pemberi pelayanan bersikap disiplin, sopan dan santun, ramah, serta memberikan pelayanan dengan ikhlas

9. Kenyamanan Kondisi lingkungan pelayanan yang tertib, teratur, bersih, indah dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang diperlukan.

10. Kesederhanaan Dengan pengertian prosedur pelayanan tidak berbelit belit, mudah dipahami dan mudah dilaksanakan