Manajemen Pelayanan Publik adalah pendekatan dan praktik untuk mengelola layanan yang disediakan oleh pemerintah dan lembaga publik kepada masyarakat. Ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program-program serta kebijakan-kebijakan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Manajemen Pelayanan Publik bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas layanan publik, sambil memastikan transparansi, partisipasi masyarakat, dan akuntabilitas dalam proses pengambilan keputusan dan penyediaan layanan. Dengan fokus pada pencapaian hasil yang positif bagi masyarakat, Manajemen Pelayanan Publik menjadi elemen kunci dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan berkelanjutan.
Tujuan utama pelayanan publik adalah memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan administrasi, barang dan jasa. Adanya standar pelayanan publik memberikan keterbukaan akses informasi kepada masyarakat sehingga dalam sebuah pelayanan baik persyaratan, prosedur, biaya dan jangka waktu dapat diukur dan diketahui masyarakat tanpa mengalami kebingungan serta menuntut pengawasan masyarakat dalam penyelenggaraannya.
Perbedaan Manajemen Pelayanan Publik dengan Manajemen Layanan di sektor swasta:
Sektor Publik
Sektor Swasta