(CLARISA V.D PARERA_11210000028)
1.Menurut saya,Proses komunikasi bisnis melibatkan pengiriman, penerimaan, dan pertukaran informasi antara entitas bisnis untuk mencapai tujuan bersama. Penting dalam lingkungan kerja saat ini dan nantinya karena memfasilitasi koordinasi, pengambilan keputusan yang efisien, dan membangun hubungan yang baik antara anggota tim serta dengan pihak eksternal, sehingga mendukung kelancaran operasional dan pertumbuhan bisnis.
2.Dalam komunikasi bisnis di era digital, beberapa masalah umum meliputi kesalahpahaman akibat kurangnya komunikasi tatap muka, risiko keamanan data, dan overload informasi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penting untuk meningkatkan kejelasan dalam komunikasi daring, menggunakan platform yang aman, mengimplementasikan kebijakan keamanan yang ketat, dan mengadopsi strategi manajemen informasi yang efisien. Selain itu, memastikan keterlibatan interpersonal melalui berbagai saluran komunikasi dapat membantu mengurangi kesalahpahaman.
3.Perkembangan teknologi telah mengubah model komunikasi bisnis dengan mempercepatnya dan memungkinkan konektivitas global. Tren terkini dalam komunikasi bisnis melibatkan penggunaan AI dalam analisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik, komunikasi berbasis cloud untuk akses yang lebih mudah, dan pemanfaatan media sosial sebagai platform interaksi dan branding. Perusahaan perlu memperhatikan tren ini untuk tetap bersaing dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas komunikasi mereka.