Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia
Pendahuluan Kuliah Pemenuhan Kebutuhan dasar Manusia
Dosen Pengampu :
- Ns. Kadek Yudi Aryawan, S.Kep., MSi Koordinator (Nomor Kontak: 085857537030)
2. Ns. Putu Indah Sintya Dewi, S.Kep., M.Kes. (Nomor Kontak: 087762600169)
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep, prinsip dan keterampilan klinis untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang mencakup kebutuhan aktivitas dan latihan; kebutuhan oksigenasi; kebutuhan cairan, elektrolit dan keseimbangan cairan- elektrolit;kebutuhan istirahat dan tidur; kebutuhan nutrisi; penghapusan kebutuhan; kebutuhan rasa nyaman; kebutuhan kebersihan dan perawatan diri. Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas dan di laboratorium perawatan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Pertemuan 1 : Menjelaskan Konsep dasar kebutuhan manusia
Pertemuan 2 : Menjelaskan Pemenuhan kebutuhan Aktivitas dan Latihan
Pertemuan 3 : Menjelaskan Definisi Pemenuhan Kebutuhan Oksigenasi
Pertemuan 4 : Mengatasi Masalah Pemenuhan kebutuhan Oksigenasi
Pertemuan 5 : Menjelaskan Definisi Kebutuhan Cairan, elektrolit dan keseimbangan cairan
Pertemuan 6 : Menjelaskan Gangguan Kebutuhan Cairan, elektrolit dan keseimbangan cairan
Pertemuan 7 : Menjelaskan Pemenuhan kebutuhan Istirahat dan Tidur
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Menjelaskan Definisi Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi
Pertemuan 10 : Mengatasi Masalah Pemenuhan kebutuhan Nutrisi
Pertemuan 11 : Menjelaskan Pemenuhan kebutuhan Eliminasi urin
Pertemuan 12 : Melakukan Pemenuhan Kebutuhan Eliminasi Fekal
Pertemuan 13 : Melakukan Pemenuhan Kebutuhan Rasa Nyaman dan Aman
Pertemuan 14 : Menjelaskan Definisi Pemenuhan Kebersihan dan Perawatan Diri Personal Hygiene
Pertemuan 15 : Mengatasi Gangguan Pemenuhan Kebersihan dan Perawatan Diri Personal Hygiene
Pertemuan 16 : UAS
Refrensi :
Asmadi. (2008). Konsep Dasar keperawatan. Jakarta: EGC.Mubarak, W. I. (2007). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia : Teori dan Aplikasi
dalam Praktik. Jakarta: EGC.
Perry, P. &. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Vol. 1. Jakarta: EGC.
Tomey, M.A. 1994. Nursing Theorist and Their Work. St. Louis : Msby Company
Erickson, H. C., Tomlin, E. M., and Swain, M.A.P. 2000. Modeling and Role
Modeling : A Theory and paradigm for nursing.Fifth edition. Englewood
Cliffs, NJ: Prentice –Hall.
Santosa, Budi. 2007. Panduan Diagnosa Keperawatan NANDA 2005-2006.
Jakarta: Prima Medika
Tarwoto & Wartonah, 2003. Kebutuhan Dasar Manusia & Proses Keperawatan.
Jakarta : Salemba Medika.
Kriteri Penilaian
TIDAK |
KRITERIA |
BOBOT SKOR |
1 |
Penilaian Tugas |
20% |
2 |
Ujian Tengah Semester |
30% |
3 |
Ujian Akhir Semester |
30% |
4 |
Ujian harian berupa kuis |
20% |
5 |
Ujian Praktik |
100% |
Mari Kita Simak Video Berikut :
Psikososial dan Budaya dalam Keperawatan
Keperawatan Maternitas II
Mata kuliah ini membahas tentang upaya meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan usia subur, ibu hamil, melahirkan, nifas, diantara dua masa kehamilan dalam kondisi berisiko dan masalah-masalah yang berhubungan dengan gangguan sistem reproduksi dengan penekanan pada upaya preventif dan promotif yang menggunkan pendekatan proses keperawatan serta memperhatikan aspek legal dan etis ditatanan klinik maupun komunitas.
KEPERAWATAN HIV - AIDS
Mata kuliah Keperawatan
HIV-AIDS adalah mata kuliah 2 SKS (1 SKS
kuliah dan 1 1 SKS praktikum).
Mata
kuliah ini mempelajari tentang trend dan perilaku yang beresiko tertular/
menularkan HIV AIDS(termasuk pengguna NAPZA), pengkajian bio, psiko, social
spiritual dan kultura, pemeriksaan fisik dan diagnostic, tanda dan gejala dan
penatalaksanaan pasien dengan HIV/AIDS, prinsip hidup klien dengan ODHA, family
centered pada ODHA dan stigma pada ODHA, prinsip komunikasi konseling pada
klien dengan HIV/AIDS, konseling pada klien HIV/AIDS, prinsip perawatan pada
bayi dan anak pasien HIV/AIDS.
Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kerja dalam Keperawatan
Keperawatan Medikal Bedah 3
Keperawatan Komplementer
Mata Kuliah Keperawatan Komplementer berkode NSA 3741 dengan beban studi 2 sks (1,1) dilaksanakan pada semester 7 yang akan mengarahkan dan membimbing mahasiswa untuk memahami tentang berbagai terapi komplementer yang bisa diterapkan secara berdampingan dengan terapi medik yang dilakukan berdasarkan pendekatan budaya dan mampu bersikap profesional serta berpikir kritis dalam pengembangan ilmu kesehatan dengan memadukan konsep terapi ilmiah dan alamiah dengan pembelajaran sepanjang hayat pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan (RS/Puskesmas) guna memenuhi tuntutan kebutuhan manusia pada seluruh aspek kehidupannya menggunakan pendekatan budaya serta memperhatikan trend dan issue kesehatan pada masa kini di wilayah perdesaan. Waktu yang diperlukan adalah satu semester.
PRAKTEK KEPERAWATAN DASAR
Program pembelajaran tahap profesi keperawatan dasar
merupakan rangkaian proses pembelajaran klinik dalam bidang keperawatan
dasar manusia yang dilaksanakan di unit Keperawatan Medikal Bedah,
Keperawatan Anak dan Keperawatan
Maternitas. Mahasiswa melakukan asuhan keperawatan dengan
menitikberatkan pada pemenuhan kebutuhan dasar manusia berbentuk
pelayanan biopsikososiokulturalspiritual yang
komprehensif pada klien.