Pengembangan Literasi di Sekolah
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan literasi di sekolah dasar secara efektif, inovatif, dan sesuai dengan etika akademik. Mahasiswa akan mempelajari berbagai teori dan praktik literasi, permasalahan literasi, serta strategi untuk meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Selain itu, mahasiswa akan dilatih untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program literasi yang inovatif dan berkelanjutan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu bekerja secara mandiri maupun kolaboratif, menunjukkan sikap bertanggung jawab, dan mematuhi etika akademik sebagai calon guru profesional.
Materi dan Pembelajaran IPA
Mata kuliah ini membahas mengenai konsep pembelajaran IPA di SD, proses pembelajarannya, analisis kurikulum IPA SD dan mengimplementasikannya secara langsung.
BAHASA INDONESIA
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah dalam perkuliahan pembelajaran daring kolaboratif antara program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dengan Program Studi Teknologi Rekayasa Jalan dan Jembatan Politeknik Seruyan
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah dalam perkuliahan pembelajaran daring kolaboratif antara program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dengan Program Studi Teknologi Rekayasa Jalan dan Jembatan Politeknik Seruyan
Telaah kurikulum
Mata kuliah Telaah Kurikulum dan kapita selekta SD kelas tinggi merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada mahasiswa PGSD dalam menelaah kurikulum SD dalam beberapa bidang studi yang diajarkan di SD.
Adapun yang menjadi fokus kajian di antaranya mencakup:
1. Menelaah Standar Kompetensi Professional Guru Sebagai Pengembang Kurikulum (Dalam Konteks Kurikulum 2006 Atau KTSP Dan Kurikulum 2013);
2. Menelaah Perbedaan Kerangka Dasar Yang Mencakup: Hakikat, Prinsip, Dan Struktur Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013; Landasan,
3. Menelaah Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Dan Standar Penilaian Dalam Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013 Sesuai Kebijakan Kemendikbud;
4. Menelaah Silabus Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013 Yang Mencakup Bidang Studi Bahasa, IPS, Pkn, Matematika, Dan Sain;
5. Merancang Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Hasil Telaah Silabus Masing-Masing Bidang Studi, Yang Mencakup: Indikator, Materi, Strategi Pembelajaran, Penilaian, Dan Media Dan Sumber Belajar Baik Mengacu Pada Kurikulum 2006 Maupun Kurikulum 2013 Yaitu Tematik-Integratif, dan Kurikulum Merdeka.
Profesi Kependidikan
Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis: pengertian profesi kependidikan; syarat-syarat profesi keguruan; perkembangan profesi keguruan; ruang lingkup profesi kependidikan serta kompetensi guru professional di indonesia. Mengkaji dan menganalisis kasus profesi keguruan serta mencari upaya pemecahan atas kondisi yang ada. Pemahaman atas, kode etik pro fesional, struktur organisasi profesi, pengembangan profesi guru sekolah dasar, masalah dan tantangan yang dihadapi profesi keguruan di Indonesia
METODOLOGI PENELITIAN SD
Mata kuliah Metodologi Penelitian SD merupakan mata kuliah wajib program S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan status mata kuliah wajib. Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semester 5 dengan bobot 3 SKS. Secara garis besar, lingkup bahasan pada mata kuliah ini mencakup pembahasan mengenai 1).Perumusan judul penelitian, 2). Pemaparan latar belakang penelitian, 3).Perumusan masalah dan tujuan penelitian, 4).Manfaat penelitian, 5).Pemaparan kajian teori/pustaka, 6).Penelitian kualitatif, 7).Penelitian kuantitatif, 8).Penelitian tindakan kelas, 9).Penelitian pengembangan, 10).Populasi dan Sampel penelitian, 11). Instrumen dan Validitas serta Reliabilitas Instrumen, 12) Data dan analisis data, 13). Penyampaian hasilpenelitian, 14) Referensi