Topic outline
Pendahuluan
Mata kuliah Konsep Dasar Sains I merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diselesaikan oleh mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Melalui mata Kuliah Konsep Dasar I, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar diharapkan mampu menganalisis ciri-ciri makhluk hidup, keanekaragaman hayati, klasifikasi hewan dan tumbuhan, keseimbangan ekosistem, struktur tumbuhan, sistem pernafasan, pencernaan, peredaran darah dan mampu menguji kepekaan alat indera serta menhubungkannya dengan ayat-ayat Al quran dan mampu bekerjasama dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, Modul Digital Konsep Dasar Sains ini akan menyajikan 8 (delapan) topik pembelajaran yang meliputi:
- Ciri-ciri makhluk hidup
- Keanekaragaman hayati
- Klasifikasi makhluk hidup
- Struktur tumbuhan
- Sistem pernafasan manusia
- Sistem pencernaan manusia
- Sistem peredaran darah manusia
- Alat indera manusia
Agar mahasiswa dapat mempelajari topik-topik pembelajaran tersebut secara maksimal, modul ini akan dilengkapi dengan berbagai sumber dan aktivitas pembelajaran. Adapun sumber-sumber pembelajaran dalam modul ini adalah materi bacaan/handout, video pembelajaran dan whiteboard animation. Lebih lanjut, aktivitas yang disediakan dalam modul ini adalah kegiatan pengematan melalui Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), forum diskusi, latihan dan tes formatif. Secara lebih rinci, Anda dapat mempelajari ruang lingkup Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I pada modul ini melalui tautan Rancangan Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I berikut,
Modul 1: Ciri-ciri Makhluk Hidup
Modul 1 pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I akan mempelajari materi ciri-ciri makhluk hidup. Materi ciri-ciri makhluk hidup sudah dipelajari sejak bangku sekolah dasar. Oleh karena itu, setelah mempelajari modul ini, diharapkan Anda sudah memiliki bekal dalam melaksanakan proses pembelajaraan saat Anda menjadi guru.
Materi ciri-ciri makhluk hidup pada modul ini akan disajikan dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut berupa:
- Mengerjakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) tentang ciri-ciri makhluk hidup.
- Mengamati video pembelajaran ciri-ciri makhluk hidup.
- Mempelajari materi ciri-ciri makhluk hidup serta hubungannya dengan Al-quran.
- Melaksanakan diskusi kelompok melalui forum diskusi
- Mengerjakan latihan materi ciri-ciri makhluk hidup
- Mengerjakan soal tes formatif materi ciri-ciri makhluk hidup.
Setelah mempelajari materi ciri-ciri makhluk hidup melalui modul ini, Anda diharapkan dapat:
- Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Mengidentifikasi ciri-ciri yang terdapat pada manusia
- Mengidentifikasi ciri-ciri yang terdapat pada hewan
- Mengidentifikasi ciri-ciri yang terdapat pada tumbuhan
- Menghubungkan materi ciri-ciri makhluk hidup dengan ayat-ayat Al-quran
Agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, maka Anda diharapkan membaca dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran yang telah disajikan melalui modul ini.
Mengawali proses pembelajaran kita pada materi ciri-ciri makhluk hidup, Anda diharapkan dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup melalui Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Ciri-ciri Makhluk Hidup berikut.
Setelah mengerjakan lembar kerja mahasiswa tersebut, Anda tentunya telah dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup secara umum. Namun demikian, ciri-ciri makhluk hidup dapat saja memiliki perbedaan antara satu makhluk hidup satu dengan lainnya. Oleh karena itu, agar Anda dapat mengetahui perbedaan dan persamaan ciri-ciri antara manusia, hewan dan tumbuhan, silahkan Anda perhatikan Video Pembelajaran Ciri-ciri Makhluk Hidup yang telah disediakan pada modul ini.
Melalui video tersebut, kami yakin Anda telah memiliki pemahaman yang baik terhadap ciri-ciri manusia, hewan dan tumbuhan. Namun demikian, Agar Anda dapat memahami hubungan antara materi ciri-ciri makhluk hidup dengan ayat-ayat Al-Quran, Anda dapat mempelajarinya melalui Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup dalam Al-Quran berikut ini,
Setelah Anda mempelajari materi ciri-ciri makhluk hidup melalui LKM, Video dan bahan bacaan yang telah disediakan. Anda dipersilahkan untuk melakukan diskusi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan mahasiswa yang lain serta simpulkan hasil diskusi Anda.
Agar dapat memperdalam pamahaman Anda terhadap materi ciri-ciri makhluk yang telah Anda pelajari, silahkan Anda kerjakan latihan berikut ini!
Agar dapat mengukur pemahaman Anda terhadap materi Ciri-ciri Makhluk Hidup, Silahkan Anda kerjakan Soal Tes Formatif 1 melalui tautan berikut,
Modul 2: Keanekaragaman Hayati
Melalui modul 2 Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, kita akan mempelajari materi keanekaragaman makhluk hayati yang meliputi keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Materi tersebut merupakan salah satu materi yang dibahas pada sekolah dasar atau sederajat. Oleh karena itu, pembelajaran materi keanekaragaman hayati pada modul ini akan memberikan bekal kepada Anda saat menjadi guru di sekolah dasar.
Melalui modul ini, materi keanekaragaman hayati akan disajikan dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi:
- Mengerjakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) tentang keanekaragaman hayati.
- Melaksanakan diskusi kelompok melalui forum diskusi
- Mengamati video pembelajaran keanekaragaman hayati.
- Mempelajari materi keanekaragaman hayati serta hubungannya dengan Al-quran.
- Mengerjakan latihan materi keanekaragaman hayati
- Mengerjakan soal tes formatif materi keanekaragaman hayati
Setelah mempelajari materi keanekaragaman hayati melalui modul ini, Anda diharapkan dapat:
- Mampu mengidentifikasi keanekaragaman hayati secara umum
- Mampu mengidentifikasi keanekaragaman hewan
- Mampu mengidentifikasi keanekaragaman tumbuhan
- Mampu menganalisis keanekaragaman hewan di sekitar tempat tinggal
- Mampu menganalisis keanekaragaman tumbuhan di sekitar tempat tinggal
- Mampu menghubungkan materi keanekaragaman hayati dengan ayat-ayat Al-quran
Agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, maka Anda diharapkan membaca dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran yang telah disajikan melalui modul ini.
Proses pembelajaran keanekaragaman hayati pada modul ini diawali dengan kegiatan pengamatan terhadap beberapa jenis rumput yang ada di halaman rumah masing-masing. Oleh karena itu, agar Anda dapat melakukan pengamatan dengan optimal, silahkan Anda ikuti prosedur yang terdapat pada Lembar Kegiatan Mahasiswa berikut ini,
Setelah melakukan pengamatan melalui Lembar Kerja Mahasiswa tersebut, Anda tentunya sudah memahami bahwa terdapat berbagai jenis rumput yang memiliki perbedaan morfologi. Namun demikian, untuk memperdalam pemahaman Anda, silahkan bandingkan dan diskusikan hasil pengamatan Anda dengan hasil pengamatan mahasiswa lainnya melalui forum diskusi yang telah disediakan.
Setelah melalukan diskusi, Anda tentu telah memahami lebih lanjut sangat banyak jenis rumput yang terdapat di dunia ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya keanekaragaman jenis rumput di dunia ini. Sama dengan rumput, tumbuhan lainnya dan hewan yang ada didunia ini beranekaragam dengan ciri morfologi dan anatominya masing-masing. Keanekaragaman tumbuhan dan hewan tersebut merupakan bagian dari keanekaragaman hayati. Agar dapat membantu Anda dalam memahami materi keanekaragaman hayati, silahkan Anda perhatikan whiteboard animation keanekaragaman hayati yang telah disediakan melalui modul ini.
Setelah memperhatikan whiteboard animation keanekaragaman hayati tersebut, Anda tentunya telah memiliki pemahaman awal tentang konsep keanekaragaman hayati. Namun demikian, untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap materi keanekaragaman hayati serta hubungannya dengan Al-quran, silahkan Anda pelajari materi Keanekaragaman Hayati dalam Al-quran berikut ini,
Agar dapat memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakan soal berikut!
Agar dapat mengukur pemahaman Anda terhadap materi Keanekaragaman Hayati, Silahkan Anda kerjakan Soal Tes Formatif 2 melalui tautan berikut,
Modul 3: Klasifikasi Makhluk Hidup
Materi klasifikasi makhluk hidup pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan dibahas pada Modul 3. Materi klasifikasi mahkluk hidup merupakan salah satu materi yang dipelajari pada jenjang sekolah dasar atau sederajat. Oleh karena itu, modul ini diharapakan dapat memberikan pemahaman yang optimal kepada Anda terhadap materi klasifikasi makhluk hidup yang nantinya akan sangat berguna bagi Anda ketika menjadi guru.
Melalui modul ini, materi struktur tumbuhan akan disajikan dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi:
- Mengerjakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) klasifikasi makhluk hidup
- Mengamati whiteboard animation klasifikasi makhluk hidup
- Melaksanakan diskusi kelompok melalui forum diskusi
- Mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup serta hubungannya dengan Al-quran.
- Mengertjakan latihan materi klasifikasi makhluk hidup
- Mengerjakan soal tes formatif materi system pernafasan pada manusia.
Setelah mempelajari materi struktur tumbuhan melalui modul ini, Anda diharapkan dapat:
- Mampu mengidentifikasi klasifikasi makhluk hidup
- Mampu mengklasifikasikan makhluk hidup
- Mampu mengklasifikasikan hewan berdasarkan habitat dan perkembangbiakan
- Mampu mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan habitat dan perkembangbiakan
- Mampu menghubungkan materi klasifikasi makhluk hidup dengan ayat-ayat Al- quran
Agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, maka Anda diharapkan membaca dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran yang telah disajikan melalui modul ini.
Kegiatan pembelajaran klasifikasi makhluk hidup pada modul ini diawali dengan kegiatan pengamatan yang dapat memberikan gambaran tentang pentingnya proses klasifikasi makhluk hidup. Oleh karena itu, agar dapat melakukan pengamatan dengan maksimal, silahkan Anda ikuti prosedur pengataman melalui Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) berikut ini,
Setelah mengerjakan kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) tersebut, Anda tentunya sudah memahami secara singkat tentang pentingnya klasifikasi makhluk hidup. Namun demikian, untuk memperdalam pemahaman Anda, silahkan bandingkan dan diskusikan hasil pengamatan Anda dengan hasil pengamatan mahasiswa lainnya melalui forum diskusi yang telah disediakan.
Setelah melakukan diskusi, Anda tentu telah memahami lebih lanjut bahwa makhluk dapat diklasifikasikan agar kita dapat dengan mudah mempelajarinya. Oleh karena itu, agar dapat membantu Anda dalam memahami materi klasifikasi makhluk hidup, silahkan Anda perhatikan whiteboard animation pembelajaran klasifikasi makhluk hidup yang telah disediakan melalui modul ini.
Setelah memperhatikan whiteboard animation klasifikasi makhluk hidup tersebut, Anda tentunya telah memiliki pemahaman awal tentang konsep klasifikasi makhluk hidup. Namun demikian, untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap materi tersebut serta hubungannya dengan Al-quran, silahkan Anda pelajari materi Klasifikasi makhluk hidup dalam Al-quran berikut ini,
Agar dapat memperdalam pemahaman anda mengenai materi di atas, kerjakan soal berikut!
Agar dapat mengukur pemahaman Anda terhadap materi klasifikasi makhluk hidup, Silahkan dikerjakan soal Tes Formatif 3 berikut ini,
Modul 4: Struktur Tumbuhan
Materi struktur tumbuhan pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan dibahas pada Modul 4. Materi struktur tumbuhan merupakan salah satu materi yang dipelajari pada jenjang sekolah dasar atau sederajat. Oleh karena itu, modul ini diharapakan dapat memberikan pemahaman yang optimal kepada Anda terhadap materi struktur tumbuhan yang nantinya akan sangat berguna bagi Anda ketika menjadi guru.
Melalui modul ini, materi struktur tumbuhan akan disajikan dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi:
- Mengamati whiteboard animation struktur tumbuhan
- Mempelajari materi struktur tumbuhan serta hubungannya dengan Al-quran.
- Melaksanakan diskusi kelompok melalui forum diskusi
- Mengertjakan latihan materi system pernafasan pada manusia
- Mengerjakan soal tes formatif materi system pernafasan pada manusia.
Setelah mempelajari materi struktur tumbuhan melalui modul ini, Anda diharapkan dapat:
- Mampu mengidentifikasi akar dan strukturnya
- Mampu mengidentifikasi batang dan strukturnya
- Mampu mengidentifikasi daun dan strukturnya
- Mampu mengidentifikasi bunga dan strukturnya
- Mampu mengidentifikasi biji dan strukturnya
- Mampu mengidentifikasi buah dan strukturnya
- Mampu menentukan jaringa-jaringan pada tumbuhan
- Mampu menghubungkan materi struktur tumbuhan dengan ayat-ayat Al-quran
Agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, maka Anda diharapkan membaca dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran yang telah disajikan melalui modul ini.
Sama seperti materi sebelumnya, materi struktur tumbuhan telah pernah Anda pelajari sejak Anda berada pada sekolah dasar. Namun demikian, agar dapat menggali pemahaman Anda terhadap materi struktur tumbuhan, silahkan Anda amati Video Whiteboard Animation struktur tumbuhan yang telah disediakan melalui modul ini.
Melalui Video Whiteboard Animation tersebut, kami yakin Anda telah memiliki pemahaman yang baik terhadap materi struktur tumbuhan. Namun demikian, Agar Anda dapat memahami hubungan antara materi struktur tumbuhan dengan ayat-ayat Al-Quran, Anda dapat mempelajarinya melalui Materi Struktur Tumbuhan dalam Al-Quran berikut ini,
Setelah Anda mempelajari materi struktur tumbuhan melalui video pembelajaran dan bahan bacaan yang telah disediakan. Anda dipersilahkan untuk melakukan diskusi kelompok tentang materi tersebut. Silahkan simpulkan hasil diskusi kelompok Anda pada forum diskusi yang disediakan.
Agar dapat memperdalam pamahaman Anda terhadap materi system pernafasan yang telah Anda pelajari, silahkan Anda kerjakan latihan berikut ini!
Agar dapat mengukur pemahaman Anda terhadap materi Struktur Tumbuhan, silahkan kerjakan soal Tes Formatif 4 pada tautan berikut,
Modul 5: Sistem Pernafasan Manusia
Modul 5 Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan membahas materi system pernafasan pada manusia. Materi system pernafasan pada manusia merupakan salah satu materi penting saat kita mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains. Hal tersebut terlihat dari adanya materi tersebut pada kurikulum setiap jenjang sekolah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Oleh karena itu, melalui modul ini, Anda diharapkan dapat mempelajari materi system pernafasan pada manusia secara optimal sehingga dapat menjadi bekal bagi Anda saat menjadi guru.
Melalui modul ini, materi system pernafasan pada manusia akan disajikan dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi:
- Mengamati video pembelajaran system pernafasan pada manusia
- Mempelajari materi system pernafasan pada manusia serta hubungannya dengan Al-quran.
- Melaksanakan diskusi kelompok melalui forum diskusi
- Mengertjakan latihan materi system pernafasan pada manusia
- Mengerjakan soal tes formatif materi system pernafasan pada manusia.
Setelah mempelajari materi system pernafasan melalui modul ini, Anda diharapkan dapat:
- Mampu mengidentifikasi organ-organ pada sistem pernafasan pada manusia
- Mampu menganalisis proses pernafasan pada manusia
- Mampu mengidentifikasi kelainan-kelainan pada sistem pernafasan pada manusia
- Mampu menghubungkan materi sistem pernafasan pada manusia dengan ayat-ayat Al quran
Agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, maka Anda diharapkan membaca dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran yang telah disajikan melalui modul ini.
Seperti yang telah dijelaskan pada pendahuluan sebelumnya bahwa materi system pernafasan pada manusia sudah kita pelajari sejak kita duduk pada bangku sekolah dasar. Namun demikian, agar Anda dapat mengingat kembali materi tersebut,s silahkan Anda amati Video Pembelajaran Sistem Pernafasan pada manusia yang telah disediakan.
Melalui video tersebut, kami yakin Anda telah memiliki pemahaman yang baik terhadap system pernafasan pada manusia. Namun demikian, Agar Anda dapat memahami hubungan antara materi system pernafasan pada manusia dengan ayat-ayat Al-Quran, Anda dapat mempelajarinya melalui Materi system pernafasan pada manusia dalam Al-Quran berikut ini,
Setelah Anda mempelajari materi system pernafasan pada manusia melalui video pembelajaran dan bahan bacaan yang telah disediakan. Anda dipersilahkan untuk melakukan diskusi kelompok tentang materi tersebut. Silahkan simpulkan hasil diskusi kelompok Anda pada forum diskusi yang disediakan.
Agar dapat memperdalam pamahaman Anda terhadap materi system pernafasan yang telah Anda pelajari, silahkan Anda kerjakan latihan berikut ini!
Agar dapat mengukur pemahaman Anda dalam memahami materi sistem pernafasan ini, silahkan Anda kerjakan soal Tes Formatif 5 berikut ini,
Modul 6: Sistem Pencernaan Manusia
Modul 6 pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan mempelajari materi system pencernaan yang meliputi zat makanan, organ system pencernaan, proses pencernaan dan menjaga kesehatan system pencernaan. Secara umum, materi system pencernaan sudah dipelajari dari bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Melalui pembelajaran pada modul ini, diharapkan dapat memberikan bekal terhadap Anda saat melaksanakan pembelajaran saat Anda menjadi guru di sekolah dasar.
Materi system pencernaan pada modul ini akan disajikan dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi:
- Mengerjakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) tentang system pencernaan
- Melaksanakan diskusi kelompok melalui forum diskusi
- Mengamati video pembelajaran system pencernaan
- Mempelajari materi system pencernaan serta hubungannya dengan Al-quran.
- Mengerjakan latihan materi system pencernaan
- Mengerjakan soal tes formatif system pencernaan
Setelah mempelajari materi keanekaragaman hayati melalui modul ini, Anda diharapkan dapat:
- Mampu mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan pada manusia
- Mampu menganalisis proses pencernaan pada manusia
- Mampu mengidentifikasi kelainan-kelainan pada sistem pencernaan pada manusia
- Mampu menghubungkan materi sistem pencernaan pada manusia dengan ayat-ayat Al quran
Agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, maka Anda diharapkan membaca dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran yang telah disajikan melalui modul ini.
Kegiatan pembelajaran system pencernaan pada modul ini diawali dengan kegiatan pengamatan komposisi zat makanan pada beberapa bungkus makanan. Oleh karena itu, agar dapat melakukan pengamatan dengan maksimal, silahkan Anda ikuti prosedur pengataman melalui Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) berikut ini,
Setelah melakukan pengamatan melalui Lembar Kerja Mahasiswa tersebut, Anda tentunya sudah memahami bahwa makhluk hidup khususnya manusia memerlukan makanan yang bergizi agar dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari. Makanan yang dikonsumsi oleh manusia akan dicerna melalui system pencernaan agar dapat menghasilkan energi. Agar dapat memahami materi yang Anda kerjakan melalui LKM secara mendalam, silahkan melakukan diskusi dengan mahasiswa lainnya melalui forum diskusi yang telah disediakan.
Setelah melakukan diskusi bersama teman Anda, tentunya Anda telah memiliki pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana cara agar kita dapat memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Lebih lanjut, kita akan mempelajari bagaimana makanan yang kita konsumsi tersebut dicerna oleh tubuh kita, organ apa saja yang bertugas pada system pencernaan?. Oleh karena itu, untuk mempelajari materi tersebut, silahkan Anda simak video pembelajaran system pencernaan berikut yang telah disediakan pada modul ini.
Setelah memperhatikan video pembelajaran system pencernaan tersebut, Anda tentunya telah memiliki pemahaman awal tentang system pencernaan. Namun demikian, untuk memperdalam pemahaman Anda terhadap materi system pencernaan serta hubungannya dengan Al-quran, silahkan Anda pelajari materi Sistem Pencernaan dalam Al-quran berikut ini,
Agar dapat memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakan soal berikut!
Agar dapat mengukur pemahaman Anda terhadap materi sistem pencernaan, silahkan Anda kerjakan Tes Formatif 6 pada tautan berikut ini,
Modul 7: Sistem Peredaran Darah Manusia
Sistem peredaran darah pada manusia merupakan materi yang akan dipelajari pada Modul 7 Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Lebih lanjut melalui Modul 7 kita akan mempelajari definisi, komponen, proses dan kelainan pada sistem peredaran darah manusia. Materi-materi tersebut akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk melaksanakan proses pembelajaran di sekolah saat menjadi guru.
Materi system peredaran darah pada modul ini akan disajikan dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran. Bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran tersebut meliputi:
- Mengamati video pembelajaran system peredaran darah
- Mempelajari materi system peredaran darah serta hubungannya dengan Al-quran.
- Melaksanakan diskusi kelompok melalui forum diskusi
- Mengerjakan latihan materi system peredaran darah
- Mengerjakan soal tes formatif system peredaran darah
Adapun tujuan pembelajaran pada system peredaran darah pada manusia adalah:
- Mampu mengidentifikasi organ-organ pada sistem peredaran darah manusia
- Mampu mengidentikasi komponen-komponen darah
- Mampu menganalisis golongan darah
- Mampu menganalisis proses peredaran darah manusia
- Mampu mengidentifikasi kelainan-kelainan pada sistem pencernaan pada manusia
- Mampu menghubungkan materi sistem peredaran darah manusia dengan ayat-ayat Al quran
Agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, maka Anda diharapkan membaca dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran yang telah disajikan melalui modul ini.
Materi system peredarah darah manusia atau system sirkulasi merupakan salah satu materi yang sudah kita pelajari mulai dari bangku sekolah dasar. Namun demikian, agar Anda dapat mengingat kembali materi tersebut, silahkan Anda amati video pembelajaran system peredaran darah manusia yang telah disediakan pada modul ini.
Melalui video tersebut, kami yakin Anda telah memiliki pemahaman yang baik terhadap system peredaran darah manusia manusia. Namun demikian, Agar Anda dapat memahami hubungan antara materi system peredaran darah manusia pada manusia dengan ayat-ayat Al-Quran, Anda dapat mempelajarinya melalui Materi system peredaran darah manusia pada manusia dalam Al-Quran berikut ini,
Setelah Anda mempelajari materi system peredaran darah manusia melalui video pembelajaran dan bahan bacaan yang telah disediakan. Anda dipersilahkan untuk melakukan diskusi kelompok tentang materi tersebut. Silahkan simpulkan hasil diskusi kelompok Anda pada forum diskusi yang disediakan.
Agar dapat memperdalam pamahaman Anda terhadap materi system peredaran darah manusia yang telah Anda pelajari, silahkan Anda kerjakan latihan berikut ini!
Agar dapat mengukur capain pembelajaran pada modul ini, silahkan Anda kerjakan tes formatif 7 yang disediakan melalui tautan berikut ini,
Modul 8: Alat Indera Manusia
Modul 8 pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan mempelajari materi alat indera pada manusia yang meliputi indera pembau, pengecap, penglihat, pendengar dan perasa. Materi-materi tesebut secara umum telah kita pelajari mulai dari bangku sekolah dasar. Oleh karena itu, pembelajaran pada modul ini diharapkan dapat memberi bekal yang cukup bagi Anda untuk melaksanakan proses pembelajaraan saat menjadi guru di sekolah dasar.
Berbagai kegiatan pembelajaran akan disajikan dalam modul alat indera manusia ini. Kegiatan-kegiatan pembelajaran tersebut berupa:
- Mengerjakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) tentang alat indera manusia
- Melaksanakan diskusi kelompok melalui forum diskusi
- Mengamati video pembelajaran alat indera manusia
- Mempelajari materi alat indera manusia serta hubungannya dengan Al-quran.
- Mengerjakan latihan materi alat indera manusia
- Mengerjakan soal tes formatif alat indera manusia
Setelah mempelajari materi system pencernaan melalui modul ini, Anda diharapkan dapat:
- Mampu menganalisis cara kerja alat indera pembau.
- Mampu menguji ketajaman indera pembau diri sendiri dengan melakukan beberapa praktik.
- Mampu menganalisis cara kerja alat indera pengecap
- Mampu menguji ketajaman indera pengecap diri sendiri dengan melakukan beberapa praktik.
- Mampu menganalisis cara kerja alat indera penglihat
- Mampu menguji ketajaman indera penglihat diri sendiri dengan melakukan beberapa praktik
- Mampu menganalisis cara kerja alat indera pendengar
- Mampu menguji ketajaman indera pendengar diri sendiri dengan melakukan beberapa praktik
- Mampu menganalisis cara kerja alat indera perasa
- Mampu menguji ketajaman indera pendengar diri sendiri dengan melakukan beberapa praktik
- Mampu menghubungkan materi alat indera pada manusia dengan ayat-ayat Al- quran
Agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, maka Anda diharapkan membaca dan melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran yang telah disajikan melalui modul ini.
Kegiatan pembelajaran materi alat indera pada modul ini diawali dengan kegiatan pengamatan pada panca indera manusia. Oleh karena itu, agar dapat melakukan pengamatan dengan maksimal, silahkan Anda ikuti prosedur pengataman melalui Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) berikut ini,
Setelah melakukan pengamatan melalui Lembar Kerja Mahasiswa tersebut, Anda tentunya sudah memahami fungsi-fungsi dari alat indera pada manusia. Agar dapat memahami materi yang Anda kerjakan melalui LKM secara mendalam, silahkan melakukan diskusi simpulan hasil pengamatan Anda dengan mahasiswa lainnya melalui forum diskusi yang telah disediakan.
Setelah melakukan diskusi bersama teman Anda, tentunya Anda telah memiliki pemahaman lebih lanjut tentang alat indera pada manusia. Oleh karena itu, untuk memperluas pemahaman Anda terhadap materi tersebut, silahkan Anda perhatikan whiteboard animation alat indera manusia berikut yang telah disediakan pada modul ini.
Anda tentunya telah memiliki pemahaman yang baik tentang alat indera pada manusia yang meliputi struktur anatomi, fungsi, mekanisme kerja dan gangguan pada setiap alat indera. Namun demikian, Agar Anda dapat menghubungkan materi alat indera dengan Al quran, silahkan Anda pelajari materi Alat Indera Manusia dalam Al-quran berikut ini,
Agar tujuan pembelajaran pada modul ini dapat dicapai secara optimal, silahkan Anda kerjakan latihan berikut ini!
Agar dapat mengukur capaian pembelajaran Anda pada modul 8, silahkan kerjakan tes formatif 8 melalui tautan berikut ini,