Weekly outline

  • General

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah ini merupakan sarana untuk menunjang wawasan mahasiswa tentang pemahaman peranan penting nilai etika terkait profesi kerekayasaan terutama dalam bidang Teknik Fisika. Setelah mempelajari matakuliah ini, Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam pemahaman yang mapan terhadap etika profesi.  Memiliki kemampuan dalam wawasan luas yang diperlukan untuk memahami dampak dari solusi kerekayasaan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial. Memiliki pengetahuan tentang isu-isu terbaru di bidang kerekayasaan.

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

    1. Mahasiswa mampu memahami etika sebagai calon sarjana teknik baik dalam lingkungan profesional maupun akademis.
    2. Mahasiswa mampu memahami tugas dan kewajibannya sebagai calon sarjana teknik.
    3. Mahasiswa mampu membuat keputusan etis saat dihadapkan pada permasalahan teknis.
    Jenjang 
    : S1
    Kredit
    : 2 SKS
    Jurusan
    : Teknik Fisika

    Dosen Pengampu

    Dr. Eng. Niki Prastomo, S.T., M.Sc.
    email: niki.prastomo@umn.ac.id
    Setelah menamatkan pendidikan S-1 di Program Studi Teknik Material Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2005, Niki Prastomo memperoleh kesempatan untuk melanjutkan studi Pasca Sarjana melalui program AUN/SEED-Net – JICA Scholarship di School of Materials and Mineral Resources Engineering Universiti Sains Malaysia (USM) untuk program S-2 dan di Departemen Functional Materials Engineering Toyohashi University of Technology (TUT) Jepang untuk program S-3. Pada November 2010, setelah menyelesaikan studi doktoralnya, Niki Prastomo kembali ke Indonesia untuk memenuhi panggilan hati mengabdi di dunia pendidikan. Saat ini Niki adalah pengajar di Jurusan Teknik Fisika serta Dekan Fakultas Teknik dan Informatika di Universitas Multimedia Nusantara (UMN).
    Bidang keilmuan yang didalami oleh Dr. Eng. Niki Prastomo, S.T., M.Sc. adalah teknologi bahan keramik mutakhir, termasuk di dalamnya adalah pemanfaatan, proses pembuatan, dan sifat-sifatnya. Riset dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang energi terbarukan, terutama pembangkitan energi tenaga surya, juga sudah banyak dilakukan. Beberapa hasil riset yang dilaksanakan telah diterbitkan di berbagai jurnal Internasional seperti Journal of Sol-gel Science and Technology, Material Science Engineering, Synthetic Metals, Materials Letters, Journal of Ceramic Society of Japan, Journal of European Ceramic Society, dan Applied Surface Science.
    Selain aktifitasnya di dunia pendidikan tingkat universitas, Niki juga tertarik mengembangkan pendidikan sains khusus untuk anak-anak. Hal ini diakukan dengan berbagi ilmu dan pemahaman mengenai sains melalui seminar dan Youtube channel (SaturdayScienceClass-SSC). Niki percaya bahwa pemahaman tambahan bahwa sains dapat menjadi sebuah hal yang menyenangkan bagi anak-anak akan menjadikan sebuah kontribusi yang signifikan untuk pengembangan diri anak-anak.

  • Pertemuan 1 - Pengenalan Etika Rekayasa

    Selamat datang dalam online learning Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari Pengenalan Etika Rekayasa.
  • Pertemuan 2 - Permasalahan Moral

    Selamat datang dalam online learning Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Permasalahan Moral.
  • Pertemuan 3 - Konsep Profesionalisme

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Konsep Profesionalisme.
  • Pertemuan 4 - Konsep Moralitas

    Selamat datang dalam online learning Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Konsep Moralitas.
  • Pertemuan 5 - Keandalan, Risiko, dan Keamanan

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Keandalan, Risiko, dan Keamanan.
  • Pertemuan 6 - Analisis Etika

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Analisis Etika.
  • Pertemuan 7 – Pengambilan Keputusan

    Selamat datang dalam online learning Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Pengambilan Keputusan.
  • Pertemuan 8 - Tanggung Jawab dan Hak sebagai Sarjana Teknik

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Tanggung Jawab dan Hak sebagai Sarjana Teknik.
  • Pertemuan 9 – Etika Lingkungan

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Etika Lingkungan.

  • Pertemuan 10 - Etika Digital

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Etika Digital.
  • Pertemuan 11 - Etika dan Inovasi

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Etika dan Inovasi.
  • Pertemuan 12 - Etika Global dan Budaya

    Selamat datang dalam online learning Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari Etika Global dan Budaya.
  • Pertemuan 13 - Integritas

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Integritas.
  • Pertemuan 14 – Kekayaan Intelektual dan Kemasyarakatan

    Selamat datang dalam online learning mata kuliah Etika Rekayasa, dalam pertemuan ini Anda akan mempelajari materi mengenai Kekayaan Intelektual dan Kemasyarakatan.