Topic outline

  • Pengantar Perkuliahan


    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Selamat datang di Mata Kuliah Pembelajaran Online. 

    Mata kuliah ini menyajikan materi berkenaan dengan teori dan praktek pengembangan pembelajaran online mulai dari konsep dasar sampai pada proses evaluasi pembelajaran online. Rangkaian materi pada mata kuliah pembelajaran online/e-learning bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEKS, serta menyelesaikan masalah terkait pelaksanaan pembelajaran online/e-learning. Mata kuliah ini memiliki orientasi produk akhir berupa produk e-learning  (sebuah course) yang dikembangkan menggunakan platform LMS Moodle atau Edx berdasarkan landasan teori Teknologi Pendidikan.

    Agar hasil belajar Anda dapat maksimal, silahkan simak keseluruhan materi dan ikuti serangkaian aktifitas yang ada di setiap pertemuan hingga tuntas. Ketuntasan rekan-rekan pembelajar sangatlah penting, sebab menjadi dasar acuan penilaian perkuliahan. 

    Selamat dan semangat belajar!


    Peta Materi Perkuliahan Pembelajaran Online 


  • P1 Konsep Dasar dan Teori yang Melandasi Pembelajaran Online

    person in red shirt wearing black and gray headphones

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Apakah Anda pernah mendengar kata 'pembelajaran online'?

    Pembelajaran online merupakan bagian dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kata pembelajaran online menjadi semakin populer ketika seluruh dunia terkena dampak Pandemi COVID-19. Pembelajaran online seringkali diartikan sebagai antonim atau lawan kata dari pembelajaran tatap muka (face to face). Materi pada bab ini akan memberikan penjelasan lebih dalam tentang konsep dan teori belajar yang melandasi pembelajaran online.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan pengertian pembelajaran online.
    2. Menjelaskan ciri-ciri pembelajaran online.
    3. Mendeskripskan blended learning, syncrhonous, asynchronous, hyflex, dan istilah-istilah lain dalam pembelajaran online.
    4. Menjelaskan peran pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran online.
    5. Menjelaskan landasan teori belajar dalam pembelajaran online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran di atas, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!


  • P2 Bentuk dan Model Pembelajaran Online.


    macbook pro displaying group of people

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Pada topik pembelajaran sebelumnya, Anda telah belajar tentang konsep dasar pembelajaran online. Pembelajaran online memiliki beberapa model dan bentuk/jenis yang beragam dan tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Apakah Anda pernah mendengar istilah blended learning? atau MOOC? atau synchronous learning? Beberapa istilah tersebut merupakan salah satu jenis atau format pembelajaran online. Dengan memahami berbagai mode dan jenis pembelajaran online yang dibahas dalam topik ini, Anda dapat mengidentifikasi jenis pembelajaran online mana yang sesuai untuk kondisi belajar tertentu. Dengan tersedianya beragam jenis pembelajaran online yang ada, Anda juga perlu memahami pertimbangan apa saja yang dapat membantu Anda dalam memilih jenis atau model pembelajaran online yang sesuai.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi berbagai model pembelajaran online.
    2. Menjelaskan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran di atas, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P3 Merancang Desain Pembelajaran Online

    MacBook Pro near white open book

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Tahap perancangan dalam proses pengembangan pembelajaran online memiliki peranan yang sangat penting dan krusial. Ini adalah tahap di mana fondasi keseluruhan dari pengalaman belajar online akan dirancang dan dibangun. Tahap perancangan atau desain dalam pengembangan pembelajaran online memainkan peran sentral dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan merancang dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa semua elemen pembelajaran bekerja bersama untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan pentingnya tahap perancangan dalam pembelajaran online.
    2. Menjelaskan poin-poin penting dalam merancang pembelajaran online.
    3. Membuat format rancangan pembelajaran online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P4 Merancang Desain Pembelajaran Online

    MacBook Pro near white open book

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Tahap perancangan dalam proses pengembangan pembelajaran online memiliki peranan yang sangat penting dan krusial. Ini adalah tahap di mana fondasi keseluruhan dari pengalaman belajar online akan dirancang dan dibangun. Tahap perancangan atau desain dalam pengembangan pembelajaran online memainkan peran sentral dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif, menarik, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan merancang dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa semua elemen pembelajaran bekerja bersama untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan pentingnya tahap perancangan dalam pembelajaran online.
    2. Menjelaskan poin-poin penting dalam merancang pembelajaran online.
    3. Membuat format rancangan pembelajaran online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!


  • P5 Melakukan Pengaturan Dasar Pada LMS

    person writing on brown wooden table near white ceramic mug

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Tak terasa saat ini kita sudah memasuki pertemuan ke-5 sekaligus pada pertemuan inilah kita akan mulai belajar praktik mengembangkan pembelajaran online di Learning Management System (LMS). Platform Learning Management System (LMS) yang akan dibahas pada topik ini yakni berbasis Moodle dan EDx. Adapun capaian pembelajaran pada pertemuan ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Melakukan instalasi Learning Management System (LMS) berbasis Moodle/Edx.
    2. Melakukan pengaturan kelas di Learning Management System (LMS) berbasis Moodle/Edx.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!

  • P6 Mengembangkan Konten Pembelajaran Online

    black smartphone taking photo of yellow round fruits

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Setelah Anda membuat rancangan atau desain pembelajaran online, pada topik ini kita akan belajar tentang mengembangkan konten pembelajaran online.

    Konten dalam pembelajaran online memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas dan efektivitas pengalaman belajar online. Pada topik ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek penting dalam mengembangkan konten pembelajaran online yang efektif. Kita akan melihat bagaimana merencanakan dan menyusun materi agar dapat disampaikan dengan cara yang jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Melalui pembahasan ini, diharapkan kita semua akan memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.Selain itu, kita juga akan membahas penggunaan beragam media, seperti teks, gambar, audio, video, dan interaktif, untuk memberikan variasi dan mendukung pemahaman yang lebih baik. Melalui pembahasan materi dalam topik ini, diharapkan Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi berbagai jenis konten dalam pembelajarn online. 
    2. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk teks.
    3. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk audio. 
    4. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk gambar.
    5. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk video.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!


  • P7 Mengembangkan Konten Pembelajaran Online

    black smartphone taking photo of yellow round fruits

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa? 

    Setelah Anda membuat rancangan atau desain pembelajaran online, pada topik ini kita akan belajar tentang mengembangkan konten pembelajaran online.

    Konten dalam pembelajaran online memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas dan efektivitas pengalaman belajar online. Pada topik ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek penting dalam mengembangkan konten pembelajaran online yang efektif. Kita akan melihat bagaimana merencanakan dan menyusun materi agar dapat disampaikan dengan cara yang jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Melalui pembahasan ini, diharapkan kita semua akan memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.Selain itu, kita juga akan membahas penggunaan beragam media, seperti teks, gambar, audio, video, dan interaktif, untuk memberikan variasi dan mendukung pemahaman yang lebih baik. Melalui pembahasan materi dalam topik ini, diharapkan Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana mengembangkan konten pembelajaran online yang mampu meningkatkan efektivitas dan keterlibatan peserta didik.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini, yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Mengidentifikasi berbagai jenis konten dalam pembelajarn online. 
    2. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk teks.
    3. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk audio. 
    4. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk gambar.
    5. Membuat konten pembelajaran dalam bentuk video.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!



  • P8 Ujian Tengah Semester


    Selamat datang di topik Ujian Tengah Semester (UTS). Bagaimana kabaranya rekan-rekan mahasiswa?

    Pada UTS ini Anda diminta untuk mengumpulkan:

    1. Worksheet rancangan pembelajaran online (yang telah dibuat pada pertemuan 3 & 4). 
    2. Sebuah video pembelajaran yang dikembangkan (by design) berdasarkan kebutuhan course/kelas online kelompok Anda. 

    Selamat mengerjakan dan semoga berhasil. 

  • P9 Mengidentifikasi Beragam Sumber Belajar Online

    people sitting down near table with assorted laptop computers

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Pada materi sebelumnya, kita telah belajar tentang merancang dan mengembangkan konten pembelajaran online. Pada topik ini, kita akan belajar mengidentifikasi beragam sumber belajar online yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya konten pembelajaran online dalam sebuah course.  Dalam proses pengembangan konten pembelajaran online yang efektif, kemampuan untuk mengenali dan memanfaatkan beragam sumber belajar online dengan bijak sangatlah penting. Kita akan melihat berbagai jenis sumber belajar online dan kriteria-kriteria yang dapat membantu kita memilih sumber belajar yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, mempertimbangkan keberagaman gaya belajar, dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan mengasah keterampilan dalam mengidentifikasi sumber belajar online yang tepat, kita dapat memastikan bahwa materi yang disajikan kepada peserta didik memiliki nilai edukatif yang tinggi dan dapat membantu mereka meraih kesuksesan dalam proses pembelajaran.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni diharapkan:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sumber belajar online.
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi beragam sumber belajar online.
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan kriteria pemilihan sumber belajar online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!

  • P10 Mengidentifikasi Beragam Sumber Belajar Online

    people sitting down near table with assorted laptop computers

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Pada materi sebelumnya, kita telah belajar tentang merancang dan mengembangkan konten pembelajaran online. Pada topik ini, kita akan belajar mengidentifikasi beragam sumber belajar online yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya konten pembelajaran online dalam sebuah course.  Dalam proses pengembangan konten pembelajaran online yang efektif, kemampuan untuk mengenali dan memanfaatkan beragam sumber belajar online dengan bijak sangatlah penting. Kita akan melihat berbagai jenis sumber belajar online dan kriteria-kriteria yang dapat membantu kita memilih sumber belajar yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, mempertimbangkan keberagaman gaya belajar, dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan mengasah keterampilan dalam mengidentifikasi sumber belajar online yang tepat, kita dapat memastikan bahwa materi yang disajikan kepada peserta didik memiliki nilai edukatif yang tinggi dan dapat membantu mereka meraih kesuksesan dalam proses pembelajaran.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni diharapkan:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep sumber belajar online.
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi beragam sumber belajar online.
    3. Mahasiswa mampu menjelaskan kriteria pemilihan sumber belajar online.

    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!


  • P11 Mengkombinasikan Beragam Alat Evaluasi Pembelajaran Online

    silver iPad on top of MacBook Pro

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?

    Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan fitur beragam aplikasi evaluasi pembelajaran online.
    2. Mengidentifikasi kelebihan dari masing-masing aplikasi.
    3. Mengidentifikasi kelemahan dari masing-masing aplikasi.
    4. Membuat kuis pembelajaran online menggunakan salah satu aplikasi yang telah dipelajari.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P12 Mengkombinasikan Beragam Alat Evaluasi Pembelajaran Online

    silver iPad on top of MacBook Pro

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?

    Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan fitur beragam aplikasi evaluasi pembelajaran online.
    2. Mengidentifikasi kelebihan dari masing-masing aplikasi.
    3. Mengidentifikasi kelemahan dari masing-masing aplikasi.
    4. Membuat kuis pembelajaran online menggunakan salah satu aplikasi yang telah dipelajari.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P13 Mengkombinasikan Beragam Alat Evaluasi Pembelajaran Online

    silver iPad on top of MacBook Pro

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Kahoot, Quizizz, atau Wordwall?

    Pada topik ini kita akan belajar terkait beberapa aplikasi online yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran online. Meskipun pada platform Learning Management System (LMS) telah menyediakan menu untuk membuat kuis atau ujian, namun kita mungkin saja perlu referensi aplikasi lain untuk mendesain evaluasi pada sebuah course. Beberapa aplikasi yang akan dibahas diantaranya Kahoot, Quizizz, Wordwall, Mentimeter, dan Google Form. Beragam aplikasi tersebut memberikan berbagai fitur menarik untuk mengaktifkan dan mengukur pemahaman peserta didik secara interaktif. Dengan memanfaatkan variasi alat evaluasi ini, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan terlibat.

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan fitur beragam aplikasi evaluasi pembelajaran online.
    2. Mengidentifikasi kelebihan dari masing-masing aplikasi.
    3. Mengidentifikasi kelemahan dari masing-masing aplikasi.
    4. Membuat kuis pembelajaran online menggunakan salah satu aplikasi yang telah dipelajari.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.
    Selamat belajar!

  • P14 Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online

    person writing bucket list on book

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Tahap akhir setelah berhasil mengembangkan sebuah course dalam pembelajaran online adalah melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online. Apakah pentinya melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online?

    Evaluasi kualitas pembelajaran online memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan efektivitas, efisiensi, dan kesuksesan keseluruhan dari pengalaman belajar secara daring. Evaluasi kualitas pembelajaran online adalah langkah kritis dalam memastikan bahwa pembelajaran yang disampaikan secara daring memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik. Ini membantu dalam menyempurnakan pendekatan, meningkatkan pengalaman belajar, dan mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Pada topik ini kita akan membahas kriteria dan rubrik untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran online yang telah dilaksanakan. 

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan manfaat evaluasi belajar dalam pembelajaran online.
    2. Menjelaskan kriteria keberhasilan pembelajaran online.
    3. Mengidentifikasi rubrik penilaian evaluasi pembelajaran online.
    4. Melakukan evaluasi pada kelas online atau course yang telah dikembangkan.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!

  • P15 Evaluasi kualitas pembelajaran online

    person writing bucket list on book

    Apa kabar rekan-rekan mahasiswa?

    Tahap akhir setelah berhasil mengembangkan sebuah course dalam pembelajaran online adalah melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online. Apakah pentinya melakukan evaluasi kualitas pembelajaran online?

    Evaluasi kualitas pembelajaran online memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan efektivitas, efisiensi, dan kesuksesan keseluruhan dari pengalaman belajar secara daring. Evaluasi kualitas pembelajaran online adalah langkah kritis dalam memastikan bahwa pembelajaran yang disampaikan secara daring memberikan manfaat yang optimal bagi peserta didik. Ini membantu dalam menyempurnakan pendekatan, meningkatkan pengalaman belajar, dan mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Pada topik ini kita akan membahas kriteria dan rubrik untuk mengevaluasi kualitas pembelajaran online yang telah dilaksanakan. 

    Adapun capaian pembelajaran pada topik ini yakni mahasiswa diharapkan mampu:

    1. Menjelaskan manfaat evaluasi belajar dalam pembelajaran online.
    2. Menjelaskan kriteria keberhasilan pembelajaran online.
    3. Mengidentifikasi rubrik penilaian evaluasi pembelajaran online.
    4. Melakukan evaluasi pada kelas online atau course yang telah dikembangkan.


    Agar dapat mencapai keseluruhan capaian pembelajaran, silahkan akses keseluruhan materi dan aktifitas yang ada di bawah ini.

    Selamat belajar!

  • P16 Ujian Akhir Semester