PROFIL MK CYBER COMPUTER SECURITY
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat datang Rekan Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada..., semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.Selamat datang di Mata kuliah Cyber Computer Security Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Universitas Lampung. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Sarjana pada rumpun Ilmu Informatika dan Komputer, terutama terkait dengan bidang studi:Ilmu Komputer / Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak maupun Teknologi Informasi
Mata kuiah Cyber Computer Security ini memiliki beban SKS sebesar 3 SKS, dengan kode Matakuliah : CSS10
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Rangga FirdausCyber Computer Security merupakan upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyberattack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi. Tindakan ini bisa ditujukan untuk mengganggu secara fisik maupun dari alur logic sistem informasi. Cyber attack merupakan upaya mengganggu informasi yang berfokus pada alur logic sistem informasi. Keamanan siber komputer atau dalam Bahasa Inggris Cyber Computer Security atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity atau IT security adalah keamanan infromasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Computer security atau keamanan komputer bertujuan membantu user agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Informasinya sendiri memiliki arti non fisik.
Dalam materi Cyber Computer Security, akan dibahas beberapa hal yang terkait didalamnya, antara lain :- Security Perimeter Protection
- Network and Internet Defense
- Firewall
- Security Concerns & Penetration
- Penetration Testing Methodology
- Real Time Web Monitoring
- Web Attack Visualisation
- Cyber-Threat Real Time Map
- Cyber-Threat Real Time Statistics
- Fireeye Cyber Threat Map
- Ddos Digital Attack Map
- Ddos Attack Worldwide
- Malware And Security Scan
- The Dark Net
+ Capaian Pembelajaran yang diharapkan dalam+ + + + + MK Daring++Cyber Computer Security dalam+ + + + + + SPADA (Sistem Pembelajaran Daring Indonesia)+ + + + ini+ +adalah :
- Mahasiswa dapat menguraikan difinisi Security Perimeter Protection
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi Network and Internet Defense
- Mahasiswa dapat memanfaatkan Firewall
- Mahsiswa dapat membedakan antara Security Concerns & Penetration
- Mahasiswa dapat memodifikasi Penetration Testing Methodology
- Mahasiswa daaat mencermati Real Time Web Monitoring
- Mahasiswa dapat menggambarkan Web Attack Visualisation
- Mahsiswa dapat membangun Cyber-Threat Real Time Map
- Mahasiswa dapat mengevaluasi Cyber-Threat Real Time Statistics
- Mahasiswa dapat menilai Fireeye Cyber Threat Map
- Mahasiswa dapat menghasilkan Ddos Digital Attack Map
- Mahasiswa dapat membuat Ddos Attack Worldwide
- Mahasiswa dapat merancang Malware And Security Scan
- Mahasiswa dapat merumuskan The Dark Net
Secara garis besar, peta program pembelajaran yang akan kita lakukan adalah berdasarkan sesuai urutan dan dapat seperti gambar yang diatas:
Perkuliahan Cyber Computer Security dalam semester ini terlihat pada peta program perkuliahan, terdiri dari beberapa tahapan penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan, baik dari sisi materi yang bertahap serta assesment yang dilakukan seperti, tugas, quis, uts maupun uas
Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah Cyber Computer Security ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4-6 bulan. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
- Peserta didik diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, yang diikuti dengan secara aktif berpartisipasi dalam diskusi dan pengerjaan kuis yang telah tersedia
- Setiap tiga pokok bahasan selesai, peserta didik akan diberikan tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu tidak lebih dari satu bulan (30 hari kerja)
- Setelah peserta didik menguasai 6 (enam) pokok bahasan, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UTS
- Pada saat seluruh pokok bahasan telah dipahami dan dipelajari oleh peserta didik, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UAS
- Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini
Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
- Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Model Asesmen dalam perkuliahan ini, dapat dilihat seperti dibawah ini.
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
- +++| Diskusi Intensif bersama Dosen/Mahasiswa (15%)
- +++| Tugas berbasis Kasus Studi (15%)
- +++| Latihan Soal per Pokok Bahasan (10%)
- +++| Kuis per Pokok Bahasan (15%)
- +++| Ujian Tengah Semester (20%)
- +++| Ujian Akhir Semester (25%)
Selamat untuk mengerjakan Pra Test atau Awal Test Mata Kuliah Cyber Computer Security.
Dikerjakan dalam waktu 30 Menit untuk beberapa soal dibawah ini.:+
Apakah yang dimaksud dengan .Security Perimeter Protection?
Komponen apa saja yang terdapat dalam lingkup Network and Internet Defense?
Prinsip-prinsip apa saja yang ada dalam Cyber Computer Security terkait dalam Firewall maupun IDS ?
Apakah perbedaan antara Security Concerns & Penetration?
Bagaimana Langkah melakukan Penetration Testing Methodology yang saudara ketahui?
- Berikan contoh web untuk dapat menjelaskan arti dari Cyber-Threat Real Time Map
Pra test atau awal test ini dikerjakan di kertas, dan dikumpulkan di kelas, pada saat perkuliah awal ini berakhir.
Terima kasih dan selamat mengerjakanDosen Pengampu,
Rangga Firdaus
Materi ke-2, pertemuan ke-4 : tentang : cyber
https://drive.google.com/drive/folders/1cpv-cizIPrchPvGVzZ19PJe3XThZoG9C/preview