MK Deep Learning - 14624533 - 3 SKS
Hai semuanya!
Selamat datang di modul pembelajaran “Deep Learning”. Modul ini dirancang untuk mendukung Anda dalam memahami materi secara mendalam. Ayo kita mulai menjelajahi konten modul ini bersama-sama.
Di sini, kita akan mempelajari “Deep Learning” atau yang biasa disebut sebagai "Pembelajaran Mendalam". Deep Learning merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang menitikberatkan pada model pembelajaran berlapis yang mampu menangani data kompleks.
Dalam perkuliahan ini, kita akan mengeksplorasi dasar-dasar serta pengenalan berbagai teknik Deep Learning, arsitektur jaringan saraf buatan, dan model-model terkini dalam pembelajaran mendalam. Kita juga akan mempraktikkan penggunaan TensorFlow, Keras, PyTorch, dan alat-alat lainnya untuk mengimplementasikan Deep Learning.
Mari belajar dengan semangat! 😄
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
-
Mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah komputasi kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip algoritma cerdas dengan pendekatan pemelajaran mendalam untuk menghasilkan solusi berbasis perangkat lunak yang inovatif.
-
Mampu merancang, menganalisis, dan menerapkan algoritma serta solusi perangkat lunak berbasis kecerdasan artifisial dalam pemelajaran mendalam untuk menyelesaikan permasalahan organisasi secara optimal.
Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
Kode sub CPMK |
Rumusan Sub CPMK |
Sub-CPMK 1 |
Mampu mengidentifikasi konsep dasar pemelajaran mendalam, konsep matematika dan mesin pemelajar yang mendasari prinsip-prinsip algoritma cerdas serta menentukan karakteristik permasalahan yang dapat diselesaikan dengan algoritma deep learning [C2, A3] |
Sub-CPMK 2 |
Mampu menyelesaikan masalah komputasi kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip jaringan syaraf tiruan dalam (deep feedforward network) serta regularisasi dan optimisasi pembelajaran dalam pemelajaran mendalam [C3, A3] |
Sub-CPMK 3 |
Mampu menyelesaikan masalah komputasi kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip Jaringan Konvolusi (Convolutional Networks) dalam pemelajaran mendalam [C3, A3] |
Sub-CPMK 4 |
Mampu menyelesaikan masalah komputasi kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip Pemodelan Sekuensial (Sequence Modeling) dalam pemelajaran mendalam [C3, A3] |
Sub-CPMK 5 |
Mampu menyelesaikan masalah komputasi kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip Pemodelan Generatif (Generative Modeling) dalam pemelajaran mendalam [C3, A3] |
Sub-CPMK 6 |
Mampu merancang, menganalisis, dan menerapkan algoritma serta solusi perangkat lunak berbasis kecerdasan artifisial dalam pemelajaran mendalam untuk menyelesaikan permasalahan organisasi dan/atau masyarakat secara optimal [C6, A3, P3] |
Peta Analisis Capaian Pembelajaran
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini menyajikan materi tentang metode pembelajaran mendalam (deep learning) dengan aplikasi untuk visi komputer, pemrosesan bahasa alami, biologi, dan banyak lagi. Mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dasar tentang algoritma pembelajaran mendalam (deep learning) yang meliputi deep feedforward neural networks, deep sequence modelling, deep convolution network serta deep generative modelling dan mendapatkan pengalaman praktis dalam membangun jaringan saraf di TensorFlow. Pada minggu-minggu pertama, mahasiswa diajak mengingat kembali dengan konsep matematika aljabar linier serta jaringan syaraf tiruan yang merupakan dasar dari algoritma-algoritma deep learning.
Adapun materi yang akan diberikan pada mata kuliah ini meliputi:
- Konsep Dasar Deep Leaning
- Dasar Matematika untuk Pembelajaran Mesin
- Deep feedforward network
- Deep Convolutional Networks
- Deep Sequence Modeling
- Deep Generative Modeling
- Practical Methodology & Aplikasi Deep Learning dengan TensorFlow
Yuk kita dengarkan penjelasan mengenai mata kuliah ini pada video berikut.
Metode Pembelajaran
Pembelajaran dalam mata kuliah ini dilakukan menggunakan Project-Based Learning, dengan luaran akhir berupa model deep learning yang diimplementasikan menggunakan Tensor Flow untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Detail penjelasan proyek dapat dilihat pada modul terlampir. Berikut gambaran rencana pembelajaran berbasis proyek selama 16 kali pertemuan:
Setting Pembelajaran
Setting belajar mata kuliah ini dilakukan melalui secara hybrid dengan memanfaat dua media pembelajaran yaitu:
Secara asinkron melalui LMS SPADA berupa video, modul, serta bahan bacaan lainnya, serta forum diskusi, tugas dan kuis
Secara sinkron tatap muka di kelas
Secara sinkron maya melalui zoom meeting
Berikut gambaran rencana aktifitas belajar selama 16 kali pertemuan:
Petunjuk Melakukan Pembelajaran Mandiri:
Pembelajaran mandiri secara daring dapat dilakukan dengan cara:
- Mengakses video interaktif H5P yang didalamnya terdapat pertanyaan-pertanyaan singkat untuk menguji pemahaman kalian.
- Mengunduh materi pembelajaran dalam format pdf
- Mengerjakan Kuis yang berisi pertanyaan pilihan ganda untuk menggali kemampuan kognitif kalian terkait materi yang dipaparkan dalam video secara keseluruhan
- Mengerjakan penugasan tertruktur yang diberikan dan disampaikan petunjuknya dalam bentuk file pdf. Penugasan dilakukan secara berkelompok (lihat penjelasannya dalam setiap penugasan yang diberikan).
- Setiap penugasan terstruktur akan dilengkapi dengan rubrik penilaian yang merupakan panduan penskoran dari setiap komponen penilaian dalam penugasan tersebut
- Berdiskusi atau bertanya melalui forum yang tersedia jika mengalami kendala terkait pemahaman materi yang diberikan
Pustaka (Referensi):
Beberapa bahan kajian yang menjadi sumber referensi dalam mata kuliah ini adalah sebagai berikut:
- Pustaka Utama:
Goodfellow, I; Bengio,Y.; Courville, A (2016). Deep Learning. MIT Press yang dapat diakses pada https://www.deeplearningbook.org/
- Pustaka Pendukung:
- FA Hermawati, H Tjandrasa, N Suciati (2018) Combination of aggregated channel features (ACF) detector and faster R-CNN to improve object detection performance in fetal ultrasound images. Int. J. Intell. Eng. Syst, Vol.11, No.6, pp:65-74 link: https://www.inass.org/2018/2018123107.pdf
- Fajar Astuti Hermawati, Elsen Ronando, and Dwi Harini Sulistyawati. 2024. Impact of Training Data Quality on Deep Speckle Noise Reduction in Ultrasound Images. In Proceedings of the 2023 7th International Conference on Computational Biology and Bioinformatics (ICCBB '23). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 61–65. https://doi.org/10.1145/3638569.3638578
- Hardiansyah, B., Lu, Y. Single image super-resolution via multiple linear mapping anchored neighborhood regression. Multimed Tools Appl 80, 28713–28730 (2021). https://doi.org/10.1007/s11042-021-11062-0
Dosen Pengampu:
Baiklah adik-adik mahasiwa, sebelum kita belajar lebih jauh, alangkah baiknya jika kalian mengenal bapak ibu dosen yang memberikan materi-materi pada mata kuliah ini.
Nama: Dr. Fajar Astuti Hermawati, S.Kom., M.Kom. | |
No HP: 081331853372 | |
E-mail: fajarastuti@untag-sby.ac.id | |
Nama: Bagus Hardiansyah, S.Kom.,M.Si | |
No HP: 0895-8080-65300 | |
E-mail: bagushardiansyah@untag-sby.ac.id | |
Nama: Andrey Kartika Widhy H., S.Kom., M.Kom | |
No. HP: 0856-4863-4471 | |
E-mail: andreyhapantenda@untag-sby.ac.id |
Nah adik-adik jangan sungkan menghubungi kami jika ada yang ingin ditanyakan. Selain itu segala bentuk komunikasi dapat dilakukan melalui forum yang ada di LMS serta pengumuman-pengumuman yang ada dibawah ini. RPS lengkap dan komponen penilaian dapat juga dilihat dibawah. Selamat mengikuti pembelajaran ini.
Jika ada hal-hal yang perlu kalian ketahui dan belum ditulis dalam LMS ini, akan disampaikan dalam forum pengumuman ini. Jangan lupa mengeceknya secara berkala.
Dokumen ini adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk mata kuliah Deep Learning di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yang mencakup tujuan pembelajaran, struktur materi, metode evaluasi, dan metode pengajaran terkait topik seperti jaringan saraf tiruan, konvolusi, dan pemodelan generatif, serta penerapan praktis menggunakan TensorFlow.
Penilaian terbagi menjadi tiga basis nilai yaitu:
- Kognitif / Pengetahuan yang mempunyai bentuk soal pilihan ganda maupun isian dalam sebuah kuis atau ETS serta pemahaman prinsip-prinsip algoritma pemelajaran dalam (deep learning) dalam bentuk penugasan terstruktur
- Aktifitas partisipatif dalam bentuk presentasi dan kerjasama kelompok dalam menyelesaikan permasalahan dunia nyata dalam proyek akhir
- Hasil proyek berupa program yang didemostrasikan dan dipresentasikan dalam seminar hasil
Prosentase dari setiap jenis penilaian dapat dilihat pada file berikut.