Topic outline

  • Welcome 😍

    International Business

    Create World Class Entrepreneurs


  • Sub Capaian #1

  • Topic 1 : BISNIS GLOBAL

  • Topic 3 : NEGARA TUJUAN EKSPOR

    Bisnis internasional merupakan salah satu bentuk hubungan internasional dalam bentuk aktivitas bisnis. Bisnis internasional terjadi karena tidak semua negara memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk keperluan industri negara tersebut. Sebagai contoh, tidak semua negara memiliki iklim yang baik untuk bercocok tanam. Bisnis internasional juga dapat terjadi ketika suatu negara memiliki sumber daya yang melimpah yang dibutuhkan oleh negara lain, seperti Uni Emirat Arab. Negara tersebut memiliki sumber minyak yang melimpah, sehingga negara-negara yang tidak memiliki tambang minya, melakukan import minyak dari Uni Emirat Arab.


  • Topic 4: BUDAYA NEGARA TUJUAN

    Budaya didefinisikan sebagai suatu system nilai yang dipercaya oleh sekelompok orang mengenai apa yang baik, benar dan apa yang diinginkan. Dan perwujudan norma yaitu aturan-aturan sosial yang menjadi pedoman untuk berperilaku dalam situasi tertentu. Seluruh sistem nilai dan norma ini dipercaya dan dibagikan oleh sekelompok orang dan diterapkan menjadi suatu desain kehidupan pada kelompok mereka.

  • Sub Capaian #2

  • TOPIC 5 : STRATEGI WILAYAH

    Strategi perusahaan dapat didefinisikan sebagai tindakan yang diambil manajer untuk mencapai tujuan perusahaan. Biasanya, strategi berfokus pada profitabilitas dan pertumbuhan laba

    Nah berlandaskan tujuan perusahaan tersebut, dan adanya keterbatasan dalam sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan, maka perlu ada strategi untuk mencapai tujuan. Dalam bisnis internasional, sangat penting bagi perusahaan memikirkan strategi wilayah yang akan diambil.

  • TOPIC 6: STRATEGI MASUK (ENTERING FOREIGN MARKET)

  • TOPIC 7 : GLOBAL MARKETING STRATEGY

    Global marketing atau pemasaran global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan global untuk memasarkan produk  di berbagai negara lain. Pemasaran global meliputi integrasi dari berbagai aktivitas-aktivitas pemasaran dan juga saluran distribusi. Sederhananya pemasaran global adalah kegiatan pemasaran yang melakukan operasinya pada beberapa negara dan melewati batas geografis suatu negara. Peran strategis dari pemasaran global adalahbagaimana strategi tersebut dapat memfokuskan sumber daya yang ada dan target pasar dari sebuah perusahaan terhadap peluang pemasaran global.

  • TOPIC 8 UTS

    Analisa studi kasus di upload pada Moodle (E-Learn)

  • TOPIC 9 MSDM Global

    Dalam kegiatan produksi dan operasional perusahaan global sangat membutuhkan tenaga kerja berkualitas supaya keberlanjutan bisnis tetap menguntjungkan. Perlu strategi yang tepat dalam merekrut tenaga kerja asing maupun lokal. Oleh karena itu pertemuan minggu ke 10 ini bertujuan untuk memilih strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) global untuk mengefisienkan biaya perusahaan.

  • Sub Capaian #3

  • Topic 10 Perkembangan Bisnis Global

    Pada bagian ini mahasiswa :

    1. Menjelaskan hal yang disetujui dan risiko yang terkait dengan ekspor.
    2. Mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat diambil manajer untuk meningkatkan kinerja ekspor perusahaan.
    3. Mengidentifikasi sumber informasi dan program pemerintah yang ada untuk membantu eksportir.
    4. Mengenali langkah-langkah dasar yang dalam pembiayaan ekspor.
    5. Menjelaskan bagaimana countertrade dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan ekspor.

  • Topic 11 " Insight Export Import with Practitioner"

    Tujuan kuliah tamu online supaya mahasiswa mendapatkan insight bagaimana memulai ekspor. Narasumber pelaku bisnis global ini ada 2 orang yaitu praktisi yang expert di bidang eksport food dan non food selama hampir 12 tahun. Sedangkan narasumber lainnya adalah mahasiswa IBM-RC semester akhir yang juga berkecimpung di ekspor non food.

  • Topik12. Aspek Ekonomi & Politik Global

    info

    Pada minggu ini Anda akan belajar mengenai aspek ekonomi dan politik global.

    Tujuan untuk memahami pentingnya aspek ekonomi dan politik di dalam kegiatan perdagangan global. Aspek politik berkaitan dengan intervensi pemerintah dalam perdagangan global.

  • Topik 13. Aspek Moneter dan Alat Tukar Global

    info

    Tujuan: Mahasiswa dapat menetapkan alat tukar globalisasi berdasarkan perbandingan transaksi moneter antar negara. Berbagai alat pembayaran dalam transaksi bisnis global harus disesuaikan dengan kebutuhan dan manfaat yang diperoleh. Karena tiap alat pembayaran memiliki kekuatan dan kelemahan.

  • Sub Capaian #4

  • Topik 14. Tugas SAA2 Bagian 2

    info

    Tugas SAA2 : Merupakan gabungan semua topik bertujuan mendapatkan feedback dengan mempresentasikan video terkait strategi bisnis global.

    INSTRUKSI TUGAS BERKELOMPOK
    1. Mahasiswa mendeskripsikan produk pilihan, value proposition dan customer segment.
    2. Mahasiswa mendeskripsikan Negara tujuan dan budaya Negara tujuan.
    3. Mahasiswa mendeskripsikan dan memberikan penjelasan pilihan strategi wilayah, strategi masuk, strategi pemasaran dan strategi  SDM.
    4. Mahasiswa secara berkelompok mempresentasikan video tersebut untuk mendapatkan peer feedback baik dari rekan mahasiswa dan dosen.
    5. Luaran : Sebuah video durasi 5-6 menit

    a.       Mahasiswa mendeskripsikan produk pilihan, value proposition dan customer segment.

    b.       Mahasiswa mendeskripsikan Negara tujuan dan budaya Negara tujuan.

    c.       Mahasiswa mendeskripsikan dan memberikan penjelasan pilihan strategi wilayah, strategi masuk, strategi pemasaran dan strategi SDM.

    d.       Mahasiswa secara berkelompok mempresentasikan video tersebut untuk mendapatkan peer feedback baik dari rekan mahasiswa dan dosen.

    Luaran : Sebuah video durasi 5-6 menit




  • Topic 15 Presentasi

    info

    Pertemuan 19 berisi aktivitas mahasiswa melakukan presentasi video terkait strategi bisnis global. Penilaian tugas ini disusun dalam rubrik penilaian.

    • Topic SAA 3

    • Week 16 UAS

      KETENTUAN PENGERJAAN UAS
      1.  Mohon mahasiswa untuk dapat memperhatikan batas maximal pengumpulan UTS
      2.  Sifat ujian adalah online (open source)
      3. Jawaban diketik dengan font Times New Roman 12, spasi 1.5 dan diupload dalam bentuk PDF (tipe file selain PDF akan ditolak oleh sistem)
      4. Jangan lupa menuliskan nama dan NIM pada lembar jawaban
      5. Soal wajib  dikerjakan secara berurutan