Umum
Rencana pembelajaran mata kuliah ini dapat dibaca disini ya ... ??
Link kelas hybrid MLTI untuk semester ini ada disini ya ☝️🙂
Rencana pembelajaran mata kuliah ini dapat dibaca disini ya ... ??
Link kelas hybrid MLTI untuk semester ini ada disini ya ☝️🙂
Sebagai awal pertemuan, silahkan tonton video ini. Video ini tentang layanan Bank Digital. Perbankan merupakan salah satu bisnis yang harus meningkatkan layanan bisnis yang tentu saja terkait dengan layanan TI.
Materi ini membahas tentang perubahan konsep layanan TI dan pemahaman tentang utility dan warranty. Silahkan dibaca terlebih dahulu file ini sebelum kuliah dimulai ya ... ??.
Perhatikan pula tayangan pada video dibawah ini. BCA menawarkan utility untuk merespon kondisi nasabah atau pengguna layanan bisnis BCA. Termasuk pada layanan tersebut juga memperhatikan tentang warranty.
Pada forum ini berikan respon atau tanggapan kalian tentang video berikut ini. Pada video tersebut terdapat materi tentang pengembangan sebuah layanan TI, potensi layanan, dan kebijakan yang perlu diperhatikan, khususnya pada layanan bank digital.
Masing-masing dari kalian silahkan berikan respon atau tanggapan dengan me-reply post yang sudah saya buat di forum ini, oiyaa... perhatikan waktu untuk memberikan respon atau tanggapannya ya karena kalo melebihi waktunya kamu tidak akan bisa memberikan respon atau tanggapan 🙂
Link kelas hybrid MLTI untuk semester ini ada disini ya ☝️🙂
Seperti pada pertemuan sebelumnya, kita gunakan video diatas untuk bahan diskusi. Hanya saja pada pertemuan ini kita fokus pada kebijakan yang digunakan untuk menyelenggarakan sebuah layanan TI. Dalam menyelenggarakan layanan TI kita tidak bisa lepas dengan pengelolaan TI (IT Governance/ITG) karena hal tersebut yang bisa menyelaraskan antara TI dan Bisnis. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam ITG adalah tentang kebijakan yang terkait TI supaya penyelenggaraan TI dapat sesuai dengan linkungan internal dan eksternal.
Pada video tersebut, saat ini ada issue menarik tentang Bank Digital sebagai respon terhadap kebutuhan masyarakat untuk layanan keuangan. Untuk menyelenggarakan layanan TI Bank Digital, penyedia layanan dalam hal ini perbankan harus memperhatikan kebijakan-kebijakan yang ada untuk menjaga ITG layanan tersebut sesuai.
Selain itu, di Indonesia ada banyak kebijakan-kebijakan TI yang dapat mendukung penyelenggaraan layanan TI oleh penyedia layanan (perusahaan). Nah, terkait kebijakan penyelenggaraan layanan TI, secara berkelompok 2 orang, coba kalian ...
Masing2 tim buatlah 1 posting (1 orang posting dan 1 orang reply pada posting yang dibuat tersebut, ini akan dihitung sebagai kehadiran kalian 🙂) dengan subyek posting adalah "Nama TIM", buatlah nama tim anda sendiri (maksimal 2 orang ya) 👌. Waktu yang disediakan untuk kalian bisa posting sampai jam 18.00 WIB tanggal 23 Maret 2022 ?✌, so atur waktu dengan baik ya ....
Link kelas hybrid MLTI untuk semester ini ada disini ya ☝️🙂
Silahkan dibaca terlebih dahulu file materi minggu ini 🙂
Penyelenggaraan layanan TI pasti terkait dengan pemenuhan keselarasan antara TI dan Bisnis, dengan target mempermudah pengguna (meningkatkan kinerja dan menghilangkan hambatan). Untuk menyelenggarakan layanan TI, perusahaan memiliki enabling services, enhancing services, dan core services.
Nah, coba cari video tentang sebuah layanan TI sebuah perusahaan, uraikan dan berikan ulasan berdasarkan hal tersebut.
Uraian kalian mencakup apa saja enabling services, enhancing services, dan core services.
Diskusikan berdua dengan rekan yang kalian pilih minggu lalu (yang masih bersatu segera harus berdua ya, karena masih ada yg bersatu), hasilnya paparkan di forum ini ya 👌🙂.
Masing2 tim buatlah 1 posting (1 orang posting dan 1 - 2 orang reply pada posting yang dibuat tersebut, 🙂) dengan subyek posting adalah "Nama TIM", Waktu yang disediakan untuk kalian bisa posting sampai jam 23.00 WIB tanggal 2 April 2022 👌🙂, so atur waktu dengan baik ya ....Pada pertemuan keempat, kalian belajar mandiri materi yang berisi tentang life cycle layanan TI. Hasil belajar kalian tersebut sampaikan pada forum yang sudah disediakan 👌🙂.
Guys, pada pertemuan 4 selain ada materi pdf, ada video tentang ITIL Process yang merupakan gambaran siklus yang ada dalam manajemen layanan TI.
Hasil kalian menonton, jabarkan secara individu dan detil pada forum ini dengan membuat post "NIM-Life Cycle Layanan TI".
Oiya, untuk penulisan hasil menonton temen2 kumpulkan hari ini Rabu tanggal 13 April 2022 jam 23.00 WIB 🙂.
File materi pertemuan 4 tentang Life Cycle Manajemen Layanan TI
Pada pertemuan kelima, kita akan bentuk tim beranggotakan 4 orang dan belajar mandiri bersama kelompok tentang "The 5 Stages of the ITIL Service Lifecycle" 🙂. Video ini berdurasi kurang lebih 55 menit.
Selama jadwal kuliah hari ini berlangsung, buatlah sebuah kelompok yang beranggotakan 4 orang, beberapa ketentuan yang harus temen2 perhatikan adalah:
Pada pertemuan keenam, kita akan lanjutkan dengan eksplorasi ITSM Life Cycle khususnya tentang proses dan fungsi. Pada minggu ini, kelas diselenggarakan secara full online 🙂.
Link kelas Online MLTI untuk minggu 6 ini ada disini ya ☝️🙂
Penyelenggaraan layanan TI memerlukan proses dan fungsi, keduanya terdapat pada framework maupun best practice. Framework ITSM yang umum digunakan adalah Information Technology Infrastructure Library (ITIL). Di dalamnya terdapat 26 proses dan 4 fungsi (versi 2011), silahkan klik link ini 🙂.
merupakan aktivitas yang dilakukan untuk mempertahankan layanan TI agar dapat terus digunakan dan memberikan dukungan kepada pelanggan apabila dibutuhkan.
Link ini berisi tayangan video yang di dalamnya terdapat penjelasan tentang service operation. Saksikan dan perhatikan materi yang disampaikan dalam video tersebut .🙂👌
Di dalam Service Operation terdapat sesuatu yang disebut Fungsi.
Fungsi merupakan sebuah departemen atau unit tertentu di dalam organisasi dengan peralatan tertentu untuk mengerjakan proses atau aktivitas di dalam sebuah proses. Di dalam mengelola layanan TI, terdapat 4 fungsi., seperti pada gambar dibawab ini 🙂👌.
Event management merupakan aktivitas mendeteksi atau "mendengarkan" apapun pesan ketidak-normalan dari infrastruktur TI dan melakukan sesuatu untuk mencegah hal buruk terjadi dan berdampak bagi pengguna. Ada 3 jenis event yaitu Information (informasi), Warning (peringatan), dan Exception (ketidak-wajaran).
Incident Management merupakan aktivitas untuk mengatasi permasalahan layanan TI serta mengembalikan layanan TI agar berfungsi kembali sesuai tingkat layanan yang disepakati.
Problem management merupakan aktivitas untuk menemukan, mengidentifikasi, dan menyelesaikan akar permasalahan yang terjadi pada insiden layanan TI.
Request Fulfillment adalah permintaan pengguna tentang informasi tertentu, pertanyaan atau permintaan saran, perubahan yang bersifat standar atau akses ke suatu layanan TI. Permintaan ini umumnya ditangani oleh fungsi service desk.
Access Management merupakan aktivitas pengelolaan hak akses pengguna ke sistem layanan TI. Setiap organisasi harus memiliki kebijakan yang mengatur siapa dapat mengakses apa, dan bagaimana cara meminta akses. Kebijakan tersebut telah ditetapkan dalam proses information security dan availability management di tahapan service design.
Pada pertemuan kedelapan, kita akan membahas tentang Service Design. Bahasan mencakup ruang lingkup hingga output proses Service Design 🙂👌, yang dilakukan secara online.
Link kelas Online MLTI untuk minggu 8 ini ada disini ya ☝️🙂, kelas minggu kedelapan diselenggarakan full online ya
Materi minggu ke-8 tentang Service Design
Sebagai pengayaan, carilah SLA layanan TI (apapun layanan TI-nya, uraikan juga organisasinya) kemudian review SLA tersebut dan jelaskan hasil reviewnya. Ketentuan file dan waktu upload ada di bagian dalam ya .. 🙂
Minggu ini kita akan belajar tentang Pattern of Business Activity (PBA), User Profiles (UP), dan yang sudah kita pelajari sebelumnya, SLA. OLA, dan UC. 🙂.
Link kelas Online MLTI untuk minggu 8 ini ada disini ya ☝️🙂, kelas minggu kedelapan diselenggarakan full online ya
Setiap penyedia layanan TI sebaiknya memiliki daftar layanan TI (Service Portfolio). Hal tersebut untuk memudahkan memantau dan merawat layanan TI yang disediakan. Setiap layanan TI memiliki pengguna dengan karakteristik masing-masing, sehingga memunculkan pola kebutuhan aktivitas (PBA) layanan tersebut.
Kebutuhan setiap pengguna (orang, fungsional bagian, proses bisnis, dan aplikasi) berbeda karena fungsi dan kebutuhan layanannya masing-masing. Kebutuhan dan pola penggunaan yang berbeda ini disebut sebagai user profile (UP). Dalam menggunakan layanan TI, penyedia layanan menyediakan tingkat layanan (Service Level Management) yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan. Pengelolaan layanan dituangkan dalam dokumen SLR, SLA, OLA, dan UC yang sudah kita bahas minggu lalu.
Penerapan atau operasional layanan TI, dikelola melalui proses event management, request fullfilment, access management, incident management, dan problem management. Proses-proses tersebut dibantu oleh fungsi service desk, technical management, IT operation management, dan application management.
Kaitan antara hal-hal tersebut dapat dilihat pada gambar berikut ini 🙂👌.
Hasil dari tugas akhir mata kuliah ini adalah dokumen PBA, UP, SLR, SLA, OLA, dan UC. Dokumen tersebut menjelaskan tentang layanan TI yang masing-masing kelompok telah tentukan.
Pada pertemuan minggu 10, sampaikan progress tentang PBA layanan yang telah kalian pilih pada forum di bawah ini.
Link kelas Online MLTI untuk minggu 10 ini ada disini ya ☝️🙂, kelas minggu kesepuluh ada brefing tentang progress tugas mata kuliah ya
Sampaikan progres tugas akhir mata kuliah (PBA) hingga minggu ini disini.
Sampaikan progres tugas akhir mata kuliah (PBA) hingga minggu ini disini.
Sampaikan progres tugas akhir mata kuliah (PBA) hingga minggu ini disini.
Sampaikan progres tugas akhir mata kuliah (PBA) hingga minggu ini disini.
Sampaikan progres tugas akhir mata kuliah (PBA) hingga minggu ini disini.
Pada minggu ini, setiap kelompok update progres tugas akhir mata kuliah yang sudah meliputi PBA dan UP, pada forum yang sudah disediakan di Pertemuan 10 - IT Service Portfolio (PBA, UP). Pada forum tersebut harus ada 2 Discussion Topic, yaitu tentang PBA untuk pertemuan 10 (untuk presensi minggu 10) dan tentang UP untuk pertemuan 11 (untuk presensi minggu 11).
Posting yang dilakukan bentuknya adalah:
Nama Perusahaan: ......
Deskripsi Perusahaan: .... (bidang usaha, ruang lingkup pekerjaan, pelanggan/kustomer, kantor cabang dsb)
Layanan TI: 1. ........................, dan 2. .................................... (ada 2 layanan TI yang harus ada)
Detil Layanan TI:
1. Layanan TI 1
2. Layanan TI 2
Daftar layanan TI akan memudahkan penyedia layanan untuk memantau kondisi semua layanan yang sedang berjalan (catalogue), maupun yang sedang dalam pengembangan (pipeline). Di samping itu juga bisa mengetahui layanan yang sudah tidak digunakan (retired).
Setiap layanan TI memiliki pengguna dengan karakteristik masing-masing, sehingga memunculkan pola kebutuhan aktivitas (PBA) layanan tersebut.
Dalam menggunakan layanan TI, penyedia layanan menyediakan tingkat layanan (Service Level Management) yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan. Pengelolaan layanan dituangkan dalam dokumen SLR, SLA, OLA, dan UC yang sudah kita bahas minggu lalu.
Kaitan antara hal-hal tersebut dapat dilihat pada gambar berikut ini 🙂👌.
Petunjuk Belajar
Minggu ini kita lanjutkan dengan paparan kelompok, mungkin 2 atau 3 kelompok. Ntar kita review bersama sebagai bahan untuk improve apa yang sudah dikerjakan masing2 kelompok 🙂.
Progres semua kelompok, silahkan ditambahkan lagi di forum pada pertemuan 10 ya ☝️.
Link kelas Online MLTI untuk minggu 12 ini ada disini ya ☝️🙂, kelas minggu keduabelas ada paparan progress tugas mata kuliah ya
Temen2,
Jadwal UAS kita laksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 25 - 26 Juli 2022 mulai jam 08.00 WIB. Pastikan jadwal tersebut tidak berbenturan dengan mata kuliah lain. Jadwal ini sudah kita sepakati pada pertemuan minggu kesepuluh ya 🙂.
Urutan kelompok, jadwal tiap kelompok, dan ketentuan lain akan diupdate kemudian pada halaman ini ya.