Topic outline

  • DEKSRIPSI STRATEGI PEMBELAJARAN


    DESKRIPSI MODUL STRATEGI PEMBELAJARAN

    Dalam melaksanakan tugasnya secara profesional, guru memerlukan wawasan yang mantap dan utuh tentang kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus mengetahui dan memiliki gambaran secara menyeluruh mengenai langkah-langkah apa yang diperlukan sehingga tugas-tugas keguruannya bisa dilakukan dengan baik dan memperoleh hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan Salah satu wawasan yang perlu diketahui dan dimiliki guru adalah “Strategi Belajar Mengajar” yang merupakan garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam rangka mencapai tujuan yang telah digariskan. Dengan mengetahui dan memiliki strategi, seorang guru akan mempunyai pedoman untuk bertindak, atau harus ditempuh agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara teratur, sistematis, terarah, lancar dan efektif. Dengan strategi yang dimiliki guru, diharapkan para siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, serta mengena pada tujuan yang diharapkan. Bagi guru diharapkan sedikit banyak akan membantu memudahkan dalam proses melaksanakan tugasnya

    CAPAIAN PEMBELAJARAN

    Diakhir materi modul strategi pembelajaran diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan serta mengembangkan berbagai bentuk strategi belajar dan mengajar pada dunia pendidikan dan pengajaran.

    TOPIK MATERI MODUL STRATEGI PEMBELAJARAN

    Untuk mencapai capaian pembelajaran, maka berikut ini topik materi yaitu:

    1. Modul 1: Hakekat Strategi Belajar Mengajar 
    2. Modul 2: Metode dan Teknik Belajar Mengajar 
    3. Modul 3: Keberhasilan Belajar Mengajar
    4. Modul 4: Media dalam Strategi Belajar Mengajar
    5. Modul 5: Umpan Balik dalam Pembelajaran
    6. Modul 6: Pengembangan Variasi Mengajar
    7. Modul 7: Pengelolaan Kelas

    • MODUL 1: HAKEKAT STRATEGI BELAJAR MENGAJAR


      DESKRIPSI MODUL 1

      Dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai keberhasilan dalam tugasnya guru perlu membuat variasi atau selingan pada suatu jam pelajaran yaitu adanya aneka ragaman dalam penyajian kegiatan belajar. Menggunakan variasi dalam mengajar adalah merupakan perbuatan guru dalam konteks proses belajar mengajar yang bertujuan mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam konteks proses belajarnya siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, keantusiasan serta berperan serta secara aktif. Setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan pada MODUL 1 ini, maka mahasiswa diharapkan mampu menyesuaikan hakekat strategi belajar dalam proses pembelajaran serta memahami klasifikasi strategi belajar mengajar.

      CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

      Setelah mahasiswa menyelesaikan Modul 1 maka diharapkan mahasiswa dapat:

      1. Menyesuaikan hakekat strategi belajar mengajar dalam proses pembelajaran
      2. Mengklasifikasi strategi belajar mengajar dalam proses pembelajaran


      TOPIK MATERI AJAR

      1. Pengertian dan Hakekat Strategi Belajar Mengajar
      2. Hakekat Belajar Mengajar
      3. Klasifikasi Strategi Belajar Mengajar


      RENCANA PERTEMUAN

      Pada materi bahan ajar  Modul 1 hakekat strategi belajar dan mengajar ekuivalen dengan jumlah pertemuan sebanyak 2 kali, yaitu pertemuan 1 dan pertemuan 2.  

      SELAMAT BELAJAR
    • MODUL 2: PENDEKATAN, METODE DAN TEKNIK BELAJAR MENGAJAR


      DESKRIPSI MODUL 2

      Seorang guru sebaiknya harus menggunakan metode pembelajaran atau learning methods yang tepat agar tercipta proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Selain itu siswa juga bisa belajar dengan baik karena learning methods yang digunakan oleh guru menjadikan penyampaian materi menjadi lebih menarik dan bagus. Untuk itulah seorang guru perlu mengenal learning methods untuk mendukung ketercapaian tujuan belajar mengajar.

      CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

      Setelah mahasiswa menyelesaikan Modul 2 maka diharapkan mahasiswa dapat:

      1. Mengklasifikasi metode belajar mengajar
      2. Menerapkan berbagai metode yang tepat dalam proses belajar mengajar


      TOPIK MATERI AJAR

      1. Sistem Belajar Mengajar
      2. Jenis-jenis Metode Pembelajaran
      3. Pengorganisasian Kelompok Mengajar


      RENCANA PERTEMUAN

      Pada materi bahan ajar Modul 2 pendekatan, metode, dan teknik belajar dan mengajar ekuivalen dengan jumlah pertemuan sebanyak 2 kali, yaitu pertemuan 3 dan pertemuan 4.  


      SELAMAT BELAJAR
    • MODUL 3: KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR


      DESKRIPSI MODUL 3

      Keseluruhan kegiatan yang berlangsung dalam proses belajar mengajar, baik yang dilakukan guru maupun siswa, bertujuan untuk mencapai hasil belajar semaksimal mungkin. Pemahaman terhadap siswa adalah penting bagi guru pembimbing, agar dapat menciptakan situasi yang tepat serta memberi pengaruh yang optimal bagi siswa untuk dapat belajar dengan berhasil. Bertolak dari uraian di atas, maka pembahasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar sangat perlu dikaji oleh calon pendidik.

      CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

      Setelah mahasiswa menyelesaikan Modul 3 maka diharapkan mahasiswa dapat:

      1. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
      2. Mengklasifikasi Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar


      TOPIK MATERI AJAR

      1. Faktor-Faktor lingkungan
      2. Faktor-faktor Instrumental
      3. Kondisi Individual si Pelajar


      RENCANA PERTEMUAN

      Pada materi bahan ajar Modul 3 faktor-faktor keberhasilan belajar dan mengajar ekuivalen dengan jumlah pertemuan sebanyak 2 kali, yaitu pertemuan 5 dan pertemuan 6.  


      SELAMAT BELAJAR
    • MODUL 4: MEDIA DALAM STRATEGI BELAJAR DAN MENGAJAR


      DESKRIPSI MODUL 4

      Media adalah sebuah  alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan. Media merupakan wadah dari pesan, yang oleh sumber pesan ataupun penyalurnya yang ingin diteruskan kepada sasaran atau penerima pesan tersebut. Oleh karena itu, seorang pendidik harus mampu membuat dan memilih media yang menarik dan variatif agar mampu menyampaikan materi atau bahan ajar dengan baik, membuat media yang sesuai dengan bahan ajar agar siswa mampu memahami materi melaui media yang disiapkan pendidik.

      CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

      Setelah mahasiswa menyelesaikan Modul 4 maka diharapkan mahasiswa dapat:

      1. Memilih sumber belajar yang tepat dalam proses pembelajaran
      2. Mengklasifikasi jenis-jenis media pembelajaran


      TOPIK MATERI AJAR

      1. Sumber belajar dan jenis-jenisnya
      2. Media Pendidikan
      3. Jenis dan Pola Media Pendidikan


      RENCANA PERTEMUAN

      Pada materi bahan ajar Modul 4 media dalam strategi belajar dan mengajar ekuivalen dengan jumlah pertemuan sebanyak 2 kali, yaitu pertemuan 7 dan pertemuan 8. Perlu Anda ingat bahwa pada pertemuan 9 akan berlangsung proses Ujian Tengah Semester (UTS) dengan materi bahan ujian dimulai dari modul 1 - 4. 


      SELAMAT BELAJAR
    • MODUL 5: UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN


      DESKRIPSI MODUL 5

      Dalam proses belajar mengajar sewaktu jam pelajaran sedang berlangsung terdapat beberapa langkah kegiatan khusus yang harus dipenuhi oleh seorang guru yaitu kegiatan orientasi, memberi penjelasan, kegiatan latihan atau mengajukan pertanyaan dan kegiatan memberikan dan mendapatkan umpan balik serta kegiatan lanjutan. Umpan balik (feedback) dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana suatu bahan pengajaran yang telah disajikan/dijelaskan oleh guru telah dimengerti oleh siswa. Berdasarkan penjelasan tersebut, menerapkan umpan balik dalam proses pembelajaran akan membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. 

      CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

      Setelah mahasiswa menyelesaikan Modul 5 maka diharapkan mahasiswa dapat:

      1. Menerapkan umpan balik dalam proses pembelajaran
      2. Mengetahui teknik-teknik umpan balik dalam proses pembelajaran


      TOPIK MATERI AJAR

      1. Pengertian Umpan Balik
      2. Teknik-teknik Umpan Balik


      RENCANA PERTEMUAN

      Pada materi bahan ajar Modul 5 umpan balik dalam pembelajaran ekuivalen dengan jumlah pertemuan sebanyak 2 kali, yaitu pertemuan 10 dan pertemuan 11.  


      SELAMAT BELAJAR
    • MODUL 6: PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR


      DESKRIPSI MODUL 6

      Menggunakan variasi dalam mengajar adalah merupakan perbuatan guru dalam konteks proses belajar mengajar yang bertujuan mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam konteks proses belajarnya siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, keantusiasan serta berperan serta secara aktif. Variasi ini dianjurkan karena dapat menjaga tingkat perhatian, meningkatkan minat serta mencegah rasa bosan dalam diri siswa. Prestasi belajar siswa dapat diperbesar bilamana terdapat cukup variasi, guru dapat dikatakan bekerja dengan baik jika ia mampu mengusahakan variasi sejauh yang ia perlukan. 

      CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

      Setelah mahasiswa menyelesaikan Modul 6 maka diharapkan mahasiswa dapat:

      1. Memahami konsep variasi mengajar 
      2. Menerapkan tiga komponen pokok penggunaan variasi dalam mengajar
      3. Memahami tujuan dan prinsip variasi pembelajaran


      TOPIK MATERI AJAR

      1. Konsep Variasi Mengajar
      2. Komponen Variasi Mengajar
      3. Tujuan dan Prinsip Variasi Mengajar


      RENCANA PERTEMUAN

      Pada materi bahan ajar Modul 6 pengembangan variasi dalam mengajar ekuivalen dengan jumlah pertemuan sebanyak 2 kali, yaitu pertemuan 12 dan pertemuan 13.  


      SELAMAT BELAJAR
    • MODUL 7: PENGELOLAAN KELAS


      DESKRIPSI MODUL 7

      Proses pembelajaran yang baik akan meminimalkan kemungkinan terjadinya kegagalan serta kesalahan dalam pembelajaran. Maka dari itu penting sekali bagi seorang guru memiliki kemampuan menciptakan kondisi belajar mengajar yang baik dan untuk mencapai tingkat efektivitas yang optimal dalam kegiatan pembelajaran kemampuan pengelolaan kelas merupakan salah satu faktor yang juga harus dikuasai oleh seorang guru, di samping faktor-faktor lainnya.Kemampuan tersebut yang kemudian disebut dengan kemampuan mengelola kelas.

      CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

      Setelah mahasiswa menyelesaikan Modul 7 maka diharapkan mahasiswa dapat:

      1. Memahami fungsi guru dalam pengelolaan kelas 
      2. Mengklasifikasikan fungsi guru dalam pengelolaan kelas
      3. Mengenali berbagai problema/masalah dalam pengelolaan kelas
      4. Mampu mengelolah kelas dalam proses belajar mengajar 


      TOPIK MATERI AJAR

      1. Pengertian Pengelolaan Kelas
      2. Fungsi Guru dalam Pengelolaan Kelas
      3. Problema atau Masalah Pengelolaan Kelas
      4. Pengelolaan Kelas Menyangkut Siswa
      5. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah 


      RENCANA PERTEMUAN

      Pada materi bahan ajar Modul 7 pengelolaan kelas ekuivalen dengan jumlah pertemuan sebanyak 2 kali, yaitu pertemuan 14 dan pertemuan 15.  Perlu Anda ingat bahwa pada pertemuan 16  akan berlangsung proses Ujian Akhir Semester (UAS) dengan materi bahan ujian dimulai dari modul 5 - 7.


      SELAMAT BELAJAR